Perbedaan Enterprise Resource Planning dan Customer Relationship Management

7 months ago | Jeven
article-sobat-pajak

Indonesia - Mungkin sebagian dari kalian belum tahu apa itu perbedaan ERP dan CRM. ERP (Enterprise Resource Planning) adalah suatu model sistem informasi atau perangkat lunak yang mengendalikan semua aspek internal perusahaan untuk meningkatkan kinerja, profitabilitas, dan produktivitas perusahaan. Sedangkan CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu model perangkat lunak atau sistem informasi yang dirancang khusus untuk menangkap setiap detail setiap menit tentang transaksi perusahaan dengan klien dan pelanggan untuk melakukan pengendalian atas konsumen perusahaan.

Singkatnya, ERP adalah program perangkat lunak yang mengelola proses bisnis seluruh organisasi sedangkan CRM adalah perangkat lunak yang mengelola hubungan dengan konsumen dan klien organisasi.

Terdapat beberapa perbedaan antara ERP dan CRM, yaitu:

  • ERP digunakan untuk mengawasi manajemen produksi, akun, dan pasokan barang. CRM untuk mengawasi interaksi dan layanan pelanggan, serta penjualan dan pemasaran
  • CRM memfokuskan pada peningkatan penjualan. ERP lebih memfokuskan pada pengurangan biaya
  • Aplikasi ERP memiliki tampilan lebih luas dengan menyediakan otomasi fungsi keuangan, pemasaran, penjualan, distribusi, dan manajemen proyek. CRM hanya berfokus pada interaksi yang dikelola perusahaan dengan pelanggan dan menyimpan banyak informasi data pelanggan
  • CRM digunakan dalam melakukan aktivitas back office, sedangkan ERP digunakan untuk menyelesaikan aktivitas back office.
Article is not found
Article is not found