Marketplace Bantu Tingkatkan Penjualan Usahamu

Johan Budi | 2022-19-09 17:58:29 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Munculnya marketplace di Indonesia membantu para pelaku UMKM agar bisa tetap melanjutkan usahanya terutama di tengah pandemi. Pandemi mendorong para pelaku UMKM untuk menerapkan digitalisasi bisnis mereka. Salah satunya dengan memanfaatkan marketplace yang ada sebagai platform untuk berjualan.

Marketplace itu sendiri merupakan platform yang menjadi perantara bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli. Platform ini menjadi pihak ketiga dalam proses terjadinya transaksi dimana setiap dana yang masuk akan tertahan sementara di pihak marketplace tersebut. Jika pembeli sudah menerima produknya dan merasa pesanannya sudah sesuai, maka dana tersebut akan diteruskan ke penjual.

Keuntungan Memanfaatkan Marketplace

Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan marketplace ini tidak hanya dari sisi pembeli, namun disisi penjual juga merasakan keutungannya. Beberapa keuntungannya sebagai berikut:

  1. Pengelolaan Lebih Mudah

Salah satu fitur yang dimiliki marketplace adalah fitur manajemen toko. Pemilik usaha bisa mengatur halaman tokonya sesuai dengan keinginan pemilik toko. Mereka bisa membuat kategori produk, manajemen stok, sampai pengaturan pengiriman barang. Fitur ini diberikan secara gratis sebagai fasilitas penjual, sehingga memudahkan para penjual melakuan manajemen usahanya.

  1. Promo yang Berlimpah

Salah satu penyebab masyarakat berminat berbelanja melalui marketplace adalah banyaknya promo yang diberikan oleh marketplace tersebut. Tentu hal ini akan menguntungkan pihak penjual karena penjual bisa menjual produknya lebih banyak dikarenakan promo yang diberikan oleh pihak marketplace.

  1. Potensi Pasar yang Jauh Lebih Luas

Dengan bergabung platform marketplace terkenal, tentu memiliki potensi penjualan yang lebih besar dikarenakan pelanggan yang mengunjungi marketplace tersebut lebih banyak.

Sangat amat disayangkan jika pelaku UMKM tidak memanfaatkan keberadaan dari marketplace ini. Marketplace memberikan banyak keuntungan bagi pihak pembeli dan juga penjual. Tentu dengan memanfaatkan penjualan melalui marketplace akan membantu meningkatkan penjualan para pelaku UMKM.

Article is not found
Article is not found