Perlunya Branding dalam Berbisnis

5 days ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam berbisnis, branding memiliki peran penting agar citra produk yang kita jual lebih tertarik dan lebih dikenal oleh masyarakat umum. Strategi branding juga bisa membuat produk yang dimiliki suatu perusahaan bisa melekat di pikiran para konsumen.

Branding merupakan pencitraan suatu produk agar produk tersebut dapat menarik pelanggan dan juga mudah diingat oleh para konsumen. Branding juga bisa diartikan sebagai cara suatu perusahaan atau usaha berkomunikasi dengan target konsumen.

Tujuan utama dari branding adalah tentunya untuk mengenalkan brand perusahaan kepada para konsumen. Selain brand menjadi identitas perusahaan, branding juga bertujuan untuk membangun citra dan reputasi dari perusahaan itu sendiri agar konsumen percaya menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

Fungsi Branding

  1. Berfungsi sebagai identitas pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, di mana brand yang kuat akan mudah dibedakan dengan kompetitor brand lain
  2. Sebagai sarana untuk promosi dan daya tarik. Semakin kuat brand tersebut, semakin tertarik para konsumen untuk memilih brand
  3. Membangun citra perusahaan agar kualitas produk dari perusahaan tersebut tidak diragukan oleh masyarakat
  4. Berfungsi sebagai alat pengendali pasar agar masayarakat luas mengenal dan mengingat produk perusahaan dengan baik

Manfaat Branding

Branding menjadi langkah yang penting dalam membangun nama suatu perusahaan, apalagi perusahaan tersebut baru berdiri atau belum dikenal oleh masyarakat. Berikut manfaat dari kegiataan branding bagi perusahaan:

  1. Menjadi daya tarik konsumen
  2. Menjadi nilai pembeda antara produk perusahaan dengan perusahaan kompetitor
  3. Membangun kesetiaan pelanggan terhadap penggunaan produk perusahaan
  4. Menjadi alat untuk menetapkan harga jual yang tinggi

Unsur Penting dalam Branding

Ada beberapa unsur penting dalam melakukan branding, beberapa diantaranya:

  1. Logo

Menjadi identitas dari sebuah brand agar produk dapat dengan mudah dikenali masyarakat. Logo dengan karakteristik unik dan mudah diingat akan lebih mudah dikenal oleh konsumen

  1. Nama Brand

Nama brand harus sejalan dengan logo dan produk yang dijual oleh perusahaan. Dengan nama yang mudah diingat, tentu akan lebih dikenal oleh masyarakat

  1. Visi Misi

Visi dan misi menjadi pondasi bisnis agar perusahaan tersebut dapat berdiri dengan kokoh dengan tujuan yang terarah

  1. Tagline

Tagline adalah kalimat singkat dan mudah diingat yang dapat memberi kesan kepada orang yang mendengar atau membacanya.

  1. Media Promosi

Promosi menjadi langkah penting dalam branding. Promosi ini bisa dilakukan menggunakan iklan, pamflet, website, papan iklan, sosial media, iklan di internet dan bermacam-macam.

Membangun brand suatu perusahaan menjadi alat investasi bagi perusahaan agar perusahaan bisa terus berkembang dan semakin dipandang oleh masyarakat. Implementasi branding yang baik akan memberikan kesan dan pesan kepada pelanggan yang membuat mereka tetap setia untuk menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

Article is not found
Article is not found