Tantangan dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital

Johan Budi | 2022-26-09 14:31:46 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Berkembangnya teknologi memberikan kita kemudahan dalam melakukan pekerjaan yang ada. Segala aktivitas semakin dipermudah dengan adanya teknologi yang terus berkembang.

Ekonomi digital semakin menjamur di Indonesia. Banyak sekali kegiatan perekonomian yang memanfaatkan teknologi dalam prosesnya, baik itu dalam jual-beli sampai kegiatan investasi. Hal ini memudahkan kita dalam melakukan kegiatan ekonomi tanpa melihat waktu dan tempat selama kita memiliki teknologi yang menunjang. Namun, sayangnya dari semua kemudahan yang ada terdapat juga tantangan yang harus kita hadapi dalam era ekonomi digital ini. Berikut Beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam era ekonomi digital

  1. Ancaman Cyber Security

Di era yang serba digital, ancaman serangan cyber menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Serangan cyber security masih menjadi hal yang perlu dikhawatirkan bagi para pengguna internet Indonesia. Dikhawatirkan dengan adanya serangan cyber, data dan informasi rahasia pengguna dapat dicuri dan disalahgunakan oleh pembuat serangan cyber. Tentu dibutuhkan keamanan lebih agar pengguna internet dapat mengakses layanan ekonomi digital dengan aman tanpa adanya kekhawatiran kehilangan data.

  1. Persaingan semakin ketat

Perekonomian digital membuat semakin meningkatnya persaingan pasar global. Produk dari luar negeri semakin mudah masuk ke dalam negeri. Hal ini dapat mengancam berkembanganya produk lokal dikarenakan masih minimnya produk lokal yang terdapat di e-commerce. Oleh karena itu, para pelaku UMKM harus berinisiatif dalam memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya.

  1. Sumber Daya Manusia

Saat ini, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di negara kita masih bisa terbilang jauh tertinggal dari negara lain. Berdasarkan riset bank dunia pada tahun 2018, SDM (Human Capital Index / HCI) Indonesia masih berada pada peringkat 87 dari 157 negara. SDM negara Indonesia berada di posisi yang rendah bila dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara. Pemerintah perlu mencari solusi dalam membangun dan meningkatkan kualitas SDM di Indonesia agar pembangunan di Indonesia di era mendatang bisa semakin membaik.

  1. Akses internet

Saat ini akses internet sudah menjadi kebutuhan utama. Tanpa adanya internet kegiatan ekonomi bisa berjalan terhambat. Saat ini, akses internet di Indonesia masih hanya tersebar di kota-kota besar, seperti Jawa, Sumatera, dan Bali. Sedangkan wilayah lainnya, terutama yang berada di daerah terpencil masih memiliki keterbatasan dalam mengakses internet.

  1. Regulasi hukum

Hukum yang berlaku tentunya harus mengikuti perkembangan zaman. Hukum harus disesuaikan dengan perkembangan zaman agar tidak adanya oknum yang menyalahgunakan teknologi untuk kejahatan. Diharapkan pemerintah senantiasa melakukan pembaruan regulasi agar kegiatan ekonomi bisa berjalan tanpa adanya hambatan.

Article is not found
Article is not found