Pemerintah Dorong Ekonomi Hijau untuk UMKM

8 days ago | Sobat Buku
article-sobat-pajak

Indonesia - Ekonomi Hijau atau Green Economy adalah sebuah gagasan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, serta mengurangi risiko kerusakan lingkungan. Program Ekonomi Hijau bertujuan untuk menciptakan perekonomian Indonesia yang juga menitikberatkan pada proteksi lingkungan. Ekonomi Hijau ini dapat diartikan juga sebagai perekonomian yang rendah atau tidak menghasilkan emisi karbondioksida terhadap lingkungan, hemat sumber daya alam, dan berkeadilan sosial.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa dengan melakukan transisi usaha menuju ekonomi hijau dapat memberikan peluang bisnis yang besar dan membuka lapangan pekerjaan yang luas. Menurut Teten, praktik ekonomi hijau ini harus diimplementasikan pada bisnis yang sudah ada maupun bisnis baru di berbagai sektor industri, walau memang beradaptasi dengan ekonomi hijau dilakukan terlihat menantang.

Tujuan Program Ekonomi Hijau

Program ini dirancang bertujuan untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) dan standar kehidupan yang berkelanjutan dan adil, dan secara bersamaan juga mengurangi polusi, membangun infrastruktur bersih dan tangguh, menggunakan sumber daya secara lebih efisien, dan menghargai aset-aset alam yang sering kali tidak dapat dirasakan secara ekonomi, meskipun telah memberikan keberhasilan ekonomi dan kesejahteraan bagi umat manusia selama berabad-abad. Selain itu, program ini juga berperan sebagai fasilitator yang menyatukan beragam kebutuhan para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, investor nasional dan internasional, serta para pengembang proyek, agar modal hijau dapat mengalir.

Saat ini sebagian UMKM lokal yang sudah mempraktikkan ekonomi hjiau dengan nilai tradisional dan kearifan lokal. Dengan mendorong praktek ekonomi hijau, Hal ini akan membantu pemulihan ekonomi dan memperluas lapangan pekerjaan. TIdak hanya itu namun juga membantu mewujudkan tujuan Pembangunan Bekelanjutan (SDGs).

Article is not found
Article is not found