Ini Dia Contoh Business Plan Sederhana Untuk Pelaku UMKM

Sobat Buku | 2022-29-11 17:45:41 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Business Plan atau perencanaan bisnis merupakan penuntun jalan pelaku usaha dalam menjalankan proses bisnisnya. Dengan tidak memiliki perencanaan bisnis yang baik, maka usaha yang dijalankan tidak mungkin berjalan dengan baik dan sulit untuk meminimalisir risiko-risiko yang ada. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha harus memiliki perencanaan bisnis yang baik, agar usaha yang dijalankan dapat berkembang dan mampu bersaing dalam pasarnya.

Secara umum, business plan didefinisikan sebagai salah satu bagian terpenting dalam perencanaan usaha dalam mencapai tujuan bisnis. Ruang lingkup dari business plan ini cukup banyak, mulai dari tentang produk, strategi pemasaran, hingga keuangan perusahaan. Ketika seorang ingin memulai bisnis atau usaha, sudah menjadi keharusan untuk membuat perencanaan bisnis yang matang.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini Sobat Pajak akan memberikan beberapa contoh dari business plan sederhana bagi kalian para pelaku UMKM, khususnya pemula. Simak ya!

  • Visi dan Misi Usaha

Visi dan misi memiliki peran penting dalam segala hal, termasuk dalam membangun usaha. Dengan adanya visi dan misi usaha akan membantu pelaku usaha dalam mencapai target atau tujuan bisnisnya, tetapi dengan tidak adanya visi dan misi, maka usaha akan sulit untuk mengetahui arah dan tujuan dalam mencapai targer bisnis.

  • Deskripsi Bisnis

Deskripsi bisnis menjadi bagian penting dalam perencanaan bisnis. Dengan menentukan deskripsi bisnis yang baik dan jelas, maka pertanyaan-pertanyaan atau keragu-raguan konsumen maupun investor dapat dicegah, karena usaha atau bisnis yang dirintis sudah jelas arahnya kemana dan siapa targetnya. Sebagai contoh, aplikasi Sobat Pajak merupakan sebuah layanan aplikasi perpajakan bagi pelaku usaha, seperti UMKM. Berdasarkan contoh deskripsi tersebut, dapat membuat masyarakat menjadi tahu bahwa aplikasi Sobat Pajak dikhususkan bagi pelaku usaha UMKM

  • Segmentasi Market

Menentukan segmentasi market merupakan salah satu langkah terpenting dalam memulai sebuah usaha. Dalam hal ini, setiap pelaku usaha harus memilih secara tepat pasar mana yang cocok untuk produknya. Apabila produk yang dijual tidak berada dalam pasar yang tepat, maka siap-siap proses bisnis atau usaha akan terhambat. Contoh, aplikasi Sobat Pajak dikhususkan untuk membantu perpajakan bagi para pelaku usaha UMKM, jika ada perusahaan atau bisnis yang besar, maka bisa menggunakan aplikasi perpajakan yang telah disediakan oleh DJP Online atau melalui  Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP).

  • Kelebihan dan Kekurangan

Dalam mengembangkan sesuatu, kita perlu yang namanya mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Sama halnya dalam berusaha, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam usaha, pelaku usaha dapatmenonjolkan aspek kelebihan usaha yang dijalankan untuk menarik perhatian konsumen dan melakukan perbaikan serta peningkatan terhadap aspek-aspek yang menjadi kekurangan dalam usaha yang dijalankan.

  • Proyeksikan Keuangan

Proyeksi keuangan merupakan bagian terpenting dalam menjalankan usaha, khususnya bagi pelaku usaha yang memerlukan suntikan dana atau melakukan kolaborasi. Dengan adanya proyeksi keuangan, pelaku usaha bisa mengetahui arus keuangan dalam bisnis, mulai dari uang yang masuk dan uang yang keluar.

Tak hanya itu, proyeksi keuangan yang jelas, akurat, dan dibuat secara berkala menjadi nilai tambahan juga bagi pelaku usaha yang memiliki keterbatasan modal dan ingin mendapatkan pendanaan dari investor. Maka dari itu, proyeksikan keuanganmu dengan sejelas dan seakurat mungkin guna memperhitungkan kondisi bisnis yang sedang berlangsung di masa yang akan datang agar berjalan sesuai dengan perencanaan bisnis awal atau tidak.

Nah, itu dia beberapa contoh sederhara dalam business plan yang mungkin bisa menjadi referensi kamu dalam menjalankan usaha. Yuk mulai sekarang buat business plan usahamu.

Article is not found
Article is not found