Ide Usaha Bagi Yang Memiliki Lahan Kosong Dekat Sekolah atau Kampus

14 days ago | Sobat Buku
article-sobat-pajak

Indonesia - Memiliki lahan kosong adalah suatu investasi yang dapat menjanjikan bagi para pemiliknya, asal dimanfaatkan dengan baik juga. Lahan merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan ketika membuka suatu usaha. Lahan yang dimiliki tidak harus luas, jika memadai dan memungkinkan untuk menjadi lahan usaha, mengapa tidak dicoba.

Terdapat beberapa faktor yang akan mempengaruhi suatu kelayakan lahan yang akan digunakan untuk membuka suatu usaha, seperti lokasi dari lahan tersebut serta luas dari tanah, hingga untuk peruntukkan tanah. Namun, bagaimana jika Sobat memiliki lahan kosong dekat sekolah? Yuk simak artikel dibawah ini mengenai ide usaha buat Sobat yang memiliki lahan kosong dekat sekolah atau kampus.

  1. Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan

Memiliki lahan kosong di wilayah dekat sekolah tentunya memiliki manfaat (benefit) lebih yang dapat Sobat gunakan, contohnya Sobat dapat membuka bisnis kos-kosan ataupun kontrakan loh.

Apalagi, dengan sistem pembelajaran yang sudah diadakan offline ini, menjadikan para pelajar (siswa/i, mahasiswa/i) yang rumah nya jauh dari sekolah mengharuskan untuk kos atau mengontrak sebuah rumah. Peminat dari kos-kosan pun tidak pernah sepi, seperti setiap semester atau tahunnya akan terdapat pelajar baru dan mencari tempat tinggal dekat dengan sekolah atau kampusnya.

Dengan peminat yang banyak, tentunya dapat dilihat bahwa keuntungan dari bisnis kos-kosan tidaklah sedikit, bahkan bisa menjadi usaha yang diinginkan oleh banyak orang juga loh Sobat. Selain itu, dengan bisnis kos-kosan atau kontrakan, tentunya memiliki pesaing yang banyak, maka Sobat harus membuat pembangunan, dekorasi, promosi hingga perawatan yang ekstra untuk usaha Sobat, agar peminat nya tidak kabur loh.

Namun, jika Sobat dapat mengelola keuangan serta fasilitas dengan baik, maka bisnis kos-kosan dan kontrakan adalah salah satu usaha patut dicoba.

  1. Membuat Tempat Parkir

Usaha tempat parkir dapat dikatakan sebagai usaha yang mudah dan menguntungkan yang dapat dijalankan dengan memanfaatkan lahan kosong.

Seperti yang diketahui bahwa tidak semua sekolah memiliki lahan untuk parkir karena tempat yang tidak memadai. Dengan seperti itu, membuat tempat parkir di wilayah sekolah atau kampus akan memiliki peluang usaha yang menguntungkan juga.

  1. Membuka Kafe Kekinian

Usaha kuliner serta tongkrongan tentunya menjadi salah satu tempat yang suka dikunjungi oleh para kalangan siswa hingga mahasiswa. Jika Sobat memiliki lahan kosong, maka Sobat bisa membuka kafe dengan ide yang kekinian sehingga akan diminati para kalangan remaja.

Membuat tugas di kafe akan membuat para pelajar tidak penat dan tidak bosan. Kafe juga bisa menjadi tempat untuk sekedar nongkrong setelah penatnya menjalani kegiatan di sekolah ataupun kampus.

Kafe kekinian yang dibuka di dekat sekolah, tentunya harus memikirkan harga dari setiap makanan/minuman di kafe agar pas di kantong para pelajar, sehingga akan menjadi alternatif yang akan sering dikunjungi.

  1. Membuka Jasa Print & Fotocopy

Tidak semua siswa memiliki alat untuk print atau fotocopy, sehingga jasa print dan fotocopy sering dicari oleh para kalangan pelajar..

Lahan yang diperlukan juga tidak harus luas, dengan lahan yang seadanya pun tetap bisa digunakan, asal alat-alat yang diperlukan serta tempat untuk menunggu dapat dengan nyaman dirasakan, sehingga para konsumen tidak merasa penat jika harus menunggu hasil print atau fotocopy nya.

  1. Membuka Rumah Makan Prasmanan

Tempat makan yang murah dan mengenyangkan pasti menjadi salah satu tempat yang diminati para kalangan siswa.

Rumah makan prasmanan adalah salah satu ide rumah makan yang memberikan akses pada konsumennya memilih dan mengambil makanan nya sendiri, lalu dihitung berdasarkan makanan apa saja yang diambil. Namun, tetap diperhitungkan mengenai harga yang diberikan, karna dikalangan siswa tentunya harus dengan harga yang terjangkau dan pas di kantong para pelajar.

  1. Membuka Usaha Makanan Ringan

Cemilan adalah salah satu makanan yang digemari semua kalangan, apalagi jika dibuka di wilayah sekolah atau kampus.

Dengan lahan yang dimiliki, membuka suatu usaha makanan ringan yang bervariasi akan membuat para kalangan pelajar tidak bosan dan menjadikan usaha Sobat sebagai salah satu tempat cemilan yang harus dikunjungi.

  1. Jasa Laundry

Terkhususnya bagi para pelajar yang mengharuskan untuk kos, sehingga tidak sempat untuk mencuci, tentunya jasa laundry merupakan pilihan utama mereka.

Maka dari itu, lahan yang dimanfaatkan sebagai tempat jasa laundry akan diminati oleh para kalangan pelajar. Dengan memberikan fasilitas seperti antar jemput, 24 jam, atau laundry express bagi pelajar yang mengharuskan pakaian nya digunakan secepatnya.

Sekarang para sobat sudah mengetahui ide bisnis diatas dan tidak akan bingung jika memiliki lahan di dekat sekolah atau kampus. Jangan lupa untuk dimanfaatkan dengan baik dan benar ya Sobat lahannya, agar dapat menghasilkan hasil yang menjanjikan dan menguntungkan tentunya.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found