Kemendag Ingin Bantu UMKM Indonesia Jualan di Arab

13 days ago | Sobat Buku
article-sobat-pajak

Indonesia - Menteri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Zulkifli Hasan akan terbang ke Arab Saudi untuk melakukan misi dagang pada Jumat (20/1) di kawasan Timur Tengah. Rencananya, dalam kesempatan itu Zulhas ingin melanjutkan lagi rencana membuka hipermarket di Arab Saudi.

Hal tersebut dilakukan sebagai titah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin membuka pasar baru untuk tujuan ekspor Indonesia. Adapun sebelumnya, Zulkifli juga telah melakukan misi dagang ke India.

"Besok pagi saya akan ke Timur Tengah melanjutkan misi bisnis yang pada waktu itu juga kita lakukan ke India. Nah, besok saya akan ada pertemuan pada Senin (23/1) dengan Kementerian Perdagangan Arab Saudi," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Rencananya, dalam kesempatan itu Zulhas ingin melanjutkan lagi rencana membuka hipermarket di Arab Saudi.

Hal tersebut merupakan salah satu cara Indonesia untuk meningkatkan perjanjian dagang dengan Arab Saudi. Zulhas mengaku bahwa selama ini cukup sulit untuk membuat perjanjian dagang dengan Arab Saudi.

"Besok saya akan datang ke sana kita usahakan untuk membuka gerai seperti hipermart di Mekah, Madinah, dan Jeddah agar nanti para UMKM kita bisa kirim barang ke sana dengan mudah," ungkapnya dalam sambutannya di Pembukaan Rapat Kerja Bappebti, di Kementerian Perdagangan, Kamis (19/1).

Hipermarket merupakan bentuk pasar modern yang sangat besar, dalam segi luas tempat dan barang-barang yang diperdagangkan.

Indonesia Masih dipandang Sebelah Mata

Menurut Zulkifli, walaupun pemerintah dekat dengan Arab Saudi, tapi perdagangan RI dengan dengan negara itu masih kalah dibanding Vietnam dan Thailand. Ia mengatakan Indonesia masih dilihat sebelah mata.

Padahal, sudah terbukti banyak warga Indonesia yang berkunjung ke Arab Saudi dan berbelanja di sana.

"Walaupun Arab Saudi dekat dengan Indonesia itu tapi dagangnya itu besaran dengan Thailand dan Vietnam. Kita ini masih dilihat dipandang sebelah mata padahal yang banyak datang ke sana itu orang kita, yang pakai orang kita, yang belanja orang kita, duitnya dari kita," lanjutnya.

Setelah menyambangi Arab Saudi, rencananya Zulhas akan lanjut terbang ke Mesir dan Pakistan. Negara lainnya yang juga akan menjadi target misi dagang Indonesia di antaranya Nigeria, Maroko, Bangladesh, Eropa Timur, Eropa Selatan, Eropa tengah, dan sampai ke Amerika Latin.

Menurutnya, ini adalah langkah antisipasi di saat target pasar tradisional Indonesia di Barat melemah. Zulkifli menegaskan, Kemendag bakal mengembangkan potensi pasar non-tradisional dengan membuat 'jalan tol' agar tidak ada hambatan.

Nah, itu dia upaya yang sedang dilakukan oleh Kemendag untuk mendukung UMKM Indonesia agar bisa lebih berkembang kedepannya menggunakan jalur ekspor. Semoga rencana ini bisa berjalan lancar ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found