Makin Populer! TikTok Berpotensi Besar Mendorong Kesuksesan UMKM

Sobat Buku | 2023-24-02 10:21:10 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - TikTok sudah menjadi salah satu platform yang wajib digunakan bagi para UMKM untuk melakukan ekspansi. Karena popularitasnya, saat ini TikTok jadi media sosial yang paling baik untuk promosi bisnis kalian ke orang baru. Konten di TikTok dapat diakses oleh basis pengguna yang lebih besar daripada aplikasi jejaring sosial lainnya, sehingga Sobat akan punya peluang yang jauh lebih baik untuk mejadi viral dan menarik penonton yang cukup besar hanya dengan algoritme TikTok.  

Anjuran dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.  

Pak Sandiaga Uno juga mengakui bahwa TikTok mempunyai potensi yang besar dalam industri digital yang dapat membantu dalam mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Lahirnya fitur ‘TikTok for Business’ banyak pebisnis yang terbantu, khususnya UMKM untuk promosi usaha serta membantu dalam meningkatkan penjualan dalam waktu yang singkat. 

Strategi Jitu untuk Meramaikan Usaha Sobat di TikTok 

Walaupun algoritma yang digunakan TikTok untuk memilih konten untuk FYP-nya masih sulit ditebak. Akan tetapi, terdapat beberapa strategi yang bisa Sobat terapkan dalam meningkatkan peluang FYP. 

  • The Golden Three Second 

Tiga detik pertama dari video yang sobat unggah di TikTok sangatlah krusial. Dengan tiga detik pertama video, Sobat harus bisa membuat para user menonton video tersebut sampai akhir. Buatah sebuah hook yang dapat menarik rasa penasaran para penonton. Bisa dengan menyebutkan kata – kata clickbait atau menerangkan konsep video yang Sobat buat dalam waktu sesingkat mungkin.  

  • Cari Ide Konten yang Menarik 

Buatlah alur cerita atau storyline yang menarik. Pada 10 detik hook awal, Sobat harus dapat menyampaikan plot, karakter, serta emosi yang dibangun pada video. Sehingga pada akhirnya penonton akan memiliki rasa penasaran yang kuat dan membuat mereka dapat menonton video hingga akhir. Sebagai contoh, Sobat bisa lihat konten Raymond Chin (CEO Ternak Uang) yang selalu membuat konten menarik mengenai edukasi di setiap video. 

  • Don’t Sell Products, Sell Emotions  

Sobat coba bayangkan jika kalian harus menonton video TikTok yang pada 3-10 detik awal langsung berisikan penjualan langsung (hard sell) produk tertentu, apakah Sobat tertarik menontonnya hingga selesai? Itulah pentingnya untuk memposisikan diri sebagai penonton sebelum memposting konten kalian. Meskipun tujuan akhir dari video Sobat adalah untuk meningkatkan brand awareness atau meningkatkan penjualan, akan tetapi video yang menarik tidak secara eksplisit menjual produk yang dijual. Jadi, buatlah konten se-natural mungkin ya.  

  • Pakai Ekosistem Tiktok : Caption, Subtitle, atau Back Sound 

Gunakan caption singkat serta interaktif yang bisa menghadirkan engagement melalui fitur like, comment, dan share. Dengan engagement yang baik, maka akan membantu konten kalian lebih mudah masuk FYP. Lalu, aktifkan juga teks dalam video ya untuk meningkatkan kinerja Search Engine Optimization (SEO). Terakhir, jangan lupa memasang back sound dalam video kalian, karena fitur suara yang disediakan oleh TikTok juga bisa digunakan untuk meningkatkan views dan pencarian 

 

Nah, itu dia beberapa strategi jitu yang bisa Sobat ikuti! Sekarang jangan ragu untuk ekspansi bisnis kalian yah, karena peluang bisnis itu seperti bus, selalu ada yang datang. Jadi, apakah Sobat tertarik untuk mencobanya? 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found