5 Ide Bisnis yang Bisa Bikin Sobat Cuan Saat Ramadhan

Sobat Buku | 2023-27-02 18:04:16 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Ingin menjalankan ide bisnis yang menguntungkan saat Ramadhan? Jika ya, artikel ini tepat untuk Sobat. Pada bulan suci Ramadhan, biasanya pola berbelanja akan berubah. Kultural dan perilaku konsumsi masyarakat di bulan Ramadhan mempunyai karakteristrik yang berbeda dibandingkan bulan lainnya. Atmosfer yang religius dan juga tradisi Ramadhan selama sebulan penuh membuat perilaku konsumsi masyarakat berubah. 

Dengan memahami perubahan tradisi dan perilaku konsumen pada saat bulan Ramadhan, Sobat bisa mendapatkan banyak ladang rezeki atau peluang bisnis loh. Inilah beberapa ide bisnis yang bisa menginspirasi Sobat pada bulan Ramadhan nanti:  

1. Menjual Menu Takjil 

Salah satu tradisi yang tidak pernah lepas dari bulan Ramadhan adalah ngabuburit. Selama menunggu waktu berbuka puasa, biasanya akan banyak orang yang ingin membeli takjil, inilah peluang bisnis yang bisa Sobat coba.  

Dengan menjual aneka macam menu takjil, Sobat bisa mendapatkan untung yang besar loh.. 

Bukan hanya itu, modal yang diperlukan juga sangat minim, bisa dengan menjual aneka minuman sirup dingin, aneka jus buah, es teh manis, atau bahkan minuman manis dan menyegarkan lainnya. Sobat juga bisa menjual menu makanan untuk takjil seperti aneka jajanan pasar, kue basah, dan lain sebagainya.  

2. Bisnis Busana Muslim  

Membuka usaha busana muslim tidak hanya menjadi peluang bisnis selama bulan Ramadhan saja, akan tetapi bisa berpeluang besar menjadi usaha tetap. Bisnis busana muslim ini sangat menjanjikan, tidak selalu pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri saja, akan tetapi pada bulan – bulan lainnya. Hal ini didorong dari tren masyarakat Indonesia yang mayoritasnya adalah muslim sehingga memiliki kecenderungan untuk berbusana muslim khususnya Wanita. 

Tidak perlu pusing dengan modal yang besar, karena saat ini banyak sekali usaha busana yang bisa dimulai tanpa modal dengan menjadi reseller atau dropshipper 

3. Jasa Laundry 

Ide bisnis satu ini cukup unik dan jarang diketahui banyak orang. Ya, Jasa laundry. 

Banyak orang tidak sadar kalau sebenarnya jasa laundry ini cocok dijadikan bisnis pada bulan Ramadhan. Salah satu alasanya, karena banyaknya wanita – wanita karir yang tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri dan membutuhkan jasa laundry. Alasan yang cukup simple bukan? Tapi siapa sangka dari alasan tersebut bisa membuka peluang besar untuk berbisnis.  

Modal yang diperlukan untuk bisnis ini memang cukup besar, dimana Sobat perlu memiliki beberapa mesin cuci. Akan tetapi, jika dilakukan dengan tekun dan memberikan pelayanan terbaik, maka akan memberikan kepuasan kepada pelanggan, dan dapat membuat bisnis ini bisa berkembang lebih besar lagi nih… 

4. Parsel Lebaran 

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang berlomba – lomba untuk mengirimkan parsel kepada keluarga, teman, dan kerabat lainnya sehingga usaha ini cocok dijadikan ide bisnis pada bulan Ramadhan.  

Peristiwa ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan loh, dengan mengandalkan kreativitas dalam menentukan isi parsel dan pengemasan parsel bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang kecil. Seperti parsel lebaran berisikan kue kering, peralatan masak, perlengkapan ibadah, dan masih banyak lagi.  

5. Katering  

Usaha katering untuk menu sahur dan berbuka puasa pada saat bulan Ramadhan bisa menjadi peluang usaha yang mendatangkan cuan besar. Khususnya, bagi pelanggan yang masih mahasiswa atau karyawan yang biasanya tidak sempat untuk memasak sendiri.  

Dengan memberikan inovasi dalam menu makanan, maka Sobat bisa unggul dibandingkan usaha catering lainnya. Sebagai contoh, Sobat bisa membuat menu paket murah, atau menu paket lengkap. Sobat juga bisa menginovasi layanan terhadap pelanggan seperti menawarkan jasa antar catering ke tempat tujuan para pelanggan.  

 

Nah, itu dia beberapa ide bisnis yang mungkin bisa Sobat coba. Jadi, tertarik dengan ide bisnis yang mana?  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found