Pakai Teknik Ini, Bisnis Sobat Auto Melejit!

Sobat Buku | 2023-15-03 17:03:14 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat UKM/UMKM pernah dengar istilah Shoppertainment? Salah satu strategi marketing yang saat ini banyak disukai oleh generasi jaman sekarang. Shoppertaiment adalah inovasi bisnis terbaru yang berbasis konten dengan mengutamakan hiburan dan edukasi, sehingga dapat menciptakan pengalaman belanja terhadap pelanggan secara imersif dan menyeluruh. Simple nya gini, Sobat UKM pasti pernah menonton live stream dan video konten fun yang secara tidak langsung menjual sebuah produk kan? Nah, inilah yang dimaksud dengan Shoppertainment 

Inovasi ini dapat menciptakan cara unik untuk setiap bisnis atau brand dalam mengubah interaksi mereka denga para pelanggan. Saat ini, aplikasi pembelanjaan online paling sering digunakan oleh masyarakat luas, sehingga banyak konsumen yang tergiur untuk menonton live streaming karena calon konsumen dapat melihat proses penjualan secara real, selain itu promo yang ditawarkan selama melakukan live steam juga sangat menggiurkan.  

 

Indonesia Jadi Penyumbang Terbesar Petumbuhan Shoppertainment 

“Kebanyakan orang tidak suka untuk dipaksa membeli, akan tetapi mereka suka untuk dihibur” ungkap Sam Singh, Vice President of Global Business Solutuons, TikTok APAC. Di Indonesia sendiri, permintaan akan konten dan creator sangat besar sehingga shoppertainment mampu berkembang besar di tanah air. Dilansir dari tiktok.com terdapat sebanyak 83% responden Indonesia akan menonton video terlebih dahulu sebelum lanjut melakukan pembelian. Salah satu contonya Allen, seorang pedagang di Thamrin City yang berhasil cuan hinggan Rp400 Juta/ bulannya dengan melakukan live streaming di TikTok dari 2021.  

Berikut keuntungan yang akan Sobat rasakan dari Tren Shoppertainment 

  • Komunikasi lebih dekat dengan konsumen 

Penjual dapat secara langsung berinteraksi dengan audiens selama proses pembelanjaan, tanpa harus secara terang-terangan ‘berjualan’. Dalam hal ini, brand pada akhirnya akan mampu menciptakan hubungan yang kuat dalam kurun waktu yang lama karena berhasil menyentuh kebutuhan emosional dan fungsional mereka. Melalui live stream, Sobat dapat lebih mudah mengubah penonton menjadi konsumen serta dapat mengurangi atau menghemat biaya promosi. Konten video yang kreatif, fun, dan menarik juga bisa menarik perhatian dan membuat konsumen memberikan interaksi terhadap konten tersebut. 

  • Mengurangi resiko komplain dari konsumen 

Dengan membuat konten yang jujur serta penggunaan live stream, tingkat komplain pelanggan tentunya akan menurun. Melalui live stream, penjual bisa secara langsung memperlihatkan produk secara jelas, para penjual juga harus bisa mendeskripsikan produk dengan jujur sehingga konsumen merasa aman dan mempercayai produk yang dijual. Hal inilah yang dapat mengurangi resiko komplain. Selain itu, dengan video – video konten yang jujur dan menarik, calon konsumen bisa mengenal lebih dulu produk tersebut sebelum membeli, sehingga calon konsumen sudah bisa menerka-nerka produk nya terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. 

  • Mengurangi/menghemat biaya promosi 

Hubungan baik yang terbentuk melalui Shoppertainment akan membentuk organic marketing dengan sendirinya. Organic Marketing sendiri sangat didambakan oleh semua pebisnis, karena dapat mengurangi biaya promosi secara signifikan. Melalui organic marketing, sebuah bisnis bisa membangun hubungan dengan audiens dengan lebih efisien, selain itu customer loyalty juga akan naik. Feedback yang didapatkan dari konsumen akan sangat membantu perusahaan meningkatkan citra baik, sehingga kualitas perusahaan di mata calon konsumen akan lebih meningkat pula.  

 

Nah Sobat UKM/UMKM, sekarang banyak banget ya Teknik yang bisa Sobat lakukan untuk mengebangkan bisnis, salah satunya adalah Shoppertainment ini. Bagi Sobat yang belum mencoba teknik ini, tidak rugi untuk langsung coba ya Sobat, karena tidak menutup kemungkinan dengan teknik ini dapat berbuah manis untuk usaha Sobat loh. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found