5 Tips Bisnis Berkelanjutan

Sobat Buku | 2023-20-03 17:40:57 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pernah dengar peribahasa “Sekali Mendayung, dua tiga pulau terlampaui”? Hal inilah yang menggambarkan Bisnis Berkelanjutan. Jadi, selain membangun bisnis yang mendatangkan cuan atau keuntungan, Sobat juga bisa menjaga lingkungan. Menarik ya! 

Dalam mengimplementasikan bisnis ini harus melalui tiga pilar utama, yaitu profit, people, dan planet yang maksudnya bisnis tersebut harus bisa memberikan keuntungan finansial yang seimbang dengan berkelanjutan sosial dan lingkungan. Mau tahu beberapa tips untuk menerapkan prinsip berkelanjutan dalam bisnis Sobat? Yuk simak! 

Lakukan Riset Pasar 

Dalam memulai bisnis, melakukan riset pasar sudah menjadi hal biasa. Akan tetapi, selain faktor pasar, dalam bisnis berkelanjutan, Sobat juga perlu mempertimbangkan faktor lingkungan. Sobat bisa memulai dengan memilih produk – produk yang ramah lingkungan, dimana produk tersebut tidak akan merusak lingkungan dan dapat membantu menjaga kondisi ekosistem yang ada di bumi. Sobat bisa menggunakan bahan – bahan yang tidak mengandung bahan kimia atau juga memanfaatkan bahan yang dapat didaur ulang dan tidak akan mencemari tanah.  

Manfaatkan Limbah 

Pengelolaan limbah yang paling sering adalah dengan dibakar. Akan tetapi, Sobat bisa gunakan limbah sebagai sumber daya dalam rangka mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dan upaya untuk menggunakan kembali limbah sebagai sumber daya. Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, Sobat juga membuang secara sia – sia bahan baku dengan membakar limbah. Sebagai contoh, Sobat bisa mengelola kembali plastik menjadi bahan pembuatan batako atau bahan kerajinan kreatif lainnya.  

Kesejahteraan Karyawan 

Pastikan setiap karyawan bekerja dengan lingkungan yang aman dan sehat karena jika karyawan sakit, maka semua kegiatan bisa terhambat dan membuat kerugian pada perusahaan. Perusahaan bisa memberikan sebuah jaminan kesehatan agar para pekerja terjamin kesehatannya. Selain itu, gaji yang layak dan jaminan kerja juga perlu Sobat perhatikan ya.  

Komunitas Lokal 

Bisnis yang dapat memberikan manfaat pada komunitas lokal akan mudah diterima oleh masyarakat. Jadi, bersinergilah dengan komunitas lokal. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya masyarakat terhadap bisnis Sobat. Selain itu, dengan ikut andil dalam program sosial juga bisa memberikan dampak positif pada lingkungan.  

Berinovasi untuk Menekan Dampak Lingkungan 

Menyadari fakta bahwa bencana iklim akan menimbulkan tantangan besar, maka bisnis yang bisa menekan dampak lingkungan sangat diperlukan. Selain memberikan dampak positif pada lingkungan, inovasi bisnis berkelanjutan juga bisa meningkatkan citra bisnis terhadap konsumen. Dengan menerapkan bisnis berkelanjutan, maka bisnis Sobat bisa memberikan dampak positif pada lingkungan dan sosial serta meningkatkan keuntungan finansial.  

Pelanggan saat ini cenderung memilih produk atau jasa yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial karena kesadaran akan keberlanjutan lingkungan dan sosial semakin tinggi. Selain itu, dengan bisnis berkelanjutan juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.  

 

Nah Sobat, menerapkan prinsip berkelanjutan dalam bisnis tidaklah sulit ya. Dengan komitmen dan kesadaran untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan Sobat sudah bisa menjalankan sustainable business. 

Hal ini didukung juga pada jaman modern ini, bisnis berkelanjutan saat ini mendapatkan perhatian lebih besar dari konsumen dan investor. Maka itu, menerapkan prinsip berkelanjutan dalam bisnis saat ini sudah bukan menjadi pilihan, tapi saat ini sudah menjadi keharusan untuk mendapatkan keberlanjutan bisnis yang sukses.  

Jadi Sobat, jangan ragu ya untuk menerapkan prinsip keberlanjutan dalam bisnismu! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found