4 Tips Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Sobat Buku | 2023-01-06 09:05:58 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Jarang mendapatkan perhatian publik, nyatanya sampah bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Bahkan mendengar istilah ‘sampah’ saja sudah membuat banyak orang enggan untuk membahasnya. Tapi siapa sangka, dari suatu barang sisa yang tidak digunakan lagi yang dianggap sampah itu, bisa mendatangkan cuan. Kira-kira bagaimana caranya ya? 

 

Rebricks Indonesia – Mengubah sampah menjadi bahan bangunan 

Tahukah Sobat bahwa sampah yang dihasilkan banyak orang bisa didaur ulang untuk dibuat berbagai macam barang yang dapat dijual kembali untuk mendapatkan rupiah. Belajar dari Ovy Sabrina dan Novita Tan pendiri Rebrick Indonesia, perusahaan yang menawarkan solusi dengan cara mengubah kantong kresek dan kemasan shampoo menjadi paving block atau bahan bangunan lainnya.  

Awalnya mereka memulai usaha tersebut dengan mendatangi warung – warung makanan di Jakarta untuk mencari sampah – sampah, akan tetapi aksi mereka tersebut mengundang perhatian publik sehingga saat ini Rebricks mendapatkan kiriman sampah kemasan dari seluruh Indonesia. Saat ini Rebricks juga telah melakukan kolaborasi dengan banyak perusahaan besar untuk memberikan dampak sosial dan lingkungan yang baik. Salah satu nya, Hush Puppies, Hokben, Nutrifood dan masih banyak lagi.  

"Ini memperlihatkan bahwa Indonesia sebenarnya punya kesadaran tinggi untuk mendaur ulang sampah plastik, tapi mereka tidak tahu di mana melakukannya,” - Ovy Sabrina.  

Mau tahu beberapa peluang bisnis yang bisa Sobat manfaatkan dari sampah? Simak beberapa hal ini. 

1. Bank Sampah 

Bukan bank untuk menyimpan dan mengumpulkan uang, tapi bank untuk mengumpulkan sampah yang telah dipilah. Sama dengan konsep perbankan, warga yang menabung sampah juga memiliki buku tabungan dari hasil menabung sampah tersebut. Warga dapat menyetor sampah secara langsung, ditimbang dan dicatat di buku rekening yang nantinya akan ditukarkan kedalam bentuk uang sesuai dengan banyaknya sampah yang ditabung. Setelah itu bank sampah akan menjual sampah – sampah tersebut kepada perusahaan – perusahaan pengelola sampah. Sobat bisa menjadikan bank sampah ini sebagai peluang untuk menyulap sampah menjadi uang serta menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. 

2. Thrift Shop 

Tidak hanya sampah plastik saja, sampah – sampah dari pakaian juga sangat memprihatinkan. Dikutip dari mediaindonesia.com, data global menunjukkan bahwa jumlah limbah tekstil setara dengan satu truk sampah yang datang ke TPA setiap detiknya. Maka itu dengan menerapkan konsep sustainable fashion, limbah tekstil dapat lebih berkurang. Konsep bisnis satu ini bisa jadi peluang emas untuk para Sobat nih, dimana saat ini peminat barang – barang bekas di Indonesia cukup tinggi dengan target konsumennya adalah kaum muda atau milenial. Dengan harga yang murah, banyak peminat fashion yang membeli barang – barang bekas untuk dijadikan pelengkap fashion. Modal yang dibutuhkan juga sangat terjangkau, dengan harga – harga pakaian bekas yang sangat murah ditambah lagi saat ini Sobat bisa dengan mudah memasarkan barang melalui media sosial. 

3. Kerajinan Tangan 

Walaupun modal yang diperlukan sangatlah kecil, keuntungan yang didapatkan bisa luar biasa lho.. Banyak sekali jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat hanya menggunakan sampah saja, seperti tas, hiasan dinding, rak, lampu hias, alat makan, miniatur dan masih banyak lagi. Produk dari kerajinan tangan pastinya memiliki keunikan yang berbeda – beda sehingga pelaku usaha dapat lebih mudah memenangkan persaingan. Selain itu peminat dari kerajinan tangan juga sangat banyak, hal ini karena kerajinan tangan memiliki estetika tersendiri sehingga banyak konsumen dengan minat seni yang tinggi akan mencari produk kerajinan tangan. Ide bisnis satu ini bisa banget Sobat coba, dengan bermodalkan kreativitas tinggi atau mungkin bermodal hobi saja, Sobat bisa menciptakan barang – barang dengan nilai jual tinggi, selain itu juga bisa membantu dalam melestarikan lingkungan. Menarik bukan?  

4. Bisnis Pupuk Kompos Organik 

Sampah organik bisa dijadikan bahan untuk membuat pupuk kompos. Peluang dari pupuk kompos ini sangatlah tinggi begitu pula dengan nilai jual nya. Hal ini dikarenakan manfaat yang diberikan dari pupuk kompos. Pupuk kompos sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan lingkungan sehingga saat ini lebih banyak petani yang lebih memilih menggunakan pupuk kompos karena bahannya yang alami dibandingkan dengan pupuk dari pabrik. Maka itu permintaan akan pupuk kompos terus bertambah sehinga bisnis ini bisa menjadi peluang yang tepat untuk meraup keuntungan.  

 

Itu dia beberapa ide bisnis yang bisa Sobat coba dengan hanya dengan bermodal sampah saja, jadi sebelum dibuang mentah – mentah, Sobat bisa coba olah terlebih dahulu ya sampah – sampah tersebut! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.  

Article is not found
Article is not found