Sahabat UMKM, Kini Sobat Buku Hadir Versi Website!

Sobat Buku | 2023-31-05 15:39:15 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pernah tidak Sobat merasa kesulitan dalam mengimbangi waktu dalam menjalankan bisnis? Mulai dari perencanaan dalam pengembangan bisnis hingga mengurusi keuangan bisnis. Seringkali para pelaku usaha merasa kesulitan dalam membagi waktu untuk hal – hal tersebut sekaligus. Akan tetapi saat ini Sobat bisa mengandalkan Sobat Buku sebagai alat yang dapat membantu mengurus segala keuangan bisnis.

Sobat Buku yang dulunya hanya tersedia versi mobile saja, kini sudah hadir versi website nya lho! Sobat Buku website memiliki kelebihan dari segi kemudahan dan efektivitas dalam penginputan data transaksi. Dan pada Sobat Buku website, kedepannya akan segera hadir fitur – fitur canggih diantaranya penginputan data transaksi penjualan dan pembelian yang dikenakan PPN dan juga fitur pembuatan faktur pajak. Bagaimana? Tertarik untuk coba?

Klik disini untuk panduan selengkapnya!

 

Fitur – Fitur Sobat Buku Website

  • Laporan Keuangan

Pada Aplikasi Sobat Buku Website, terdapat 3 jenis laporan keuangan yang dapat Sobat akses untuk melihat kondisi keuangan bisnis Sobat, yaitu Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi Komersial, dan Laporan Neraca Saldo.

  • Laporan Neraca

Dengan Sobat Buku Website, Sobat dapat mengetahui untuk mengetahui kondisi keuangan Sobat, yang tercantum dalam nilai aset, kewajiban, serta modal pada bisnis Sobat dalam suatu periode.

  • Laporan Laba Rugi Komersial

Dibuat sesuai dengan standar akutansi keuangan. Membantu untuk mengetahui perhitungan laba dan rugi secara akurat

  • Laporan Neraca Saldo

Sobat Buku membantu dalam perhitungan laporan neraca saldo yang runtut dan rapih. Memperkuat pencatatan dan siklus akutansi. Sobat juga dapat mengetahui akun selisih pada tiap akun keuangan bisnis.

  • Hitung dan Bayar Pajak UMKM

Membantu dalam menghitung PPh Final UMKM, dan juga pembayaran pajak dimana ID Billingnya dapat dibuat pada aplikasi yang sama.

  • Integrasi data Sobat POS

Sobat POS adalah aplikasi Point of Sales atau lebih sering dikenal sebagai sistem kasir. Sobat POS membantu dalam mengelola berbagai produk Sobat, membantu dalam mencatat transaksi antar pembeli dan penjual hingga membantu dalam mencetak nota transaksi secara digital dan otomatis.

Data transaksi yang diinput dari Sobat POS terintegrasi dengan Sobat Buku, sehingga saat menggunakan Sobat Buku, Sobat tidak perlu lagi menginput data transaksi dan dapat langsung melihat laporan keuangan atas hasil data transaksi yang terjadi.   

  • Summary Penjualan , Pembelian, dan Biaya

Sobat Buku membantu dalam merekap data penjualan dan pembelian usaha Sobat. Selain data penjualan dan pembelian, Sobat juga dapat menginput data biaya pada aplikasi Sobat Buku.

 

Pentingnya Pembukuan Bagi UMKM

Pembukuan seringkali di anggap tidak terlalu penting dalam menjalankan suatu bisnis. Padahal, pembukuan menjadi hal paling krusial dalam menjalankan sebuah bisnis, akan tetapi beberapa pelaku UMKM kurang memahami pentingnya pembukuan dan lebih fokus pada kegiatan marketing dan pengembangan produk saja. Dengan melakukan pembukuan, Sobat bisa membuat sebuah rencana usaha, baik dalam jangka panjang maupun pendek karena pembukuan bisa membantu untuk mengetahui segala biaya yang digunakan untuk proses produksi hingga operasional usaha dengan alur yang jelas. Selain untuk data transaksi, pembukuan juga membantu Sobat dalam mengurus perpajakan UMKM. Pembukuan bisa membantu Sobat menghindari kesalahan pelaporan pajak. Saat ini banyak sekali UMKM yang seringkali salah dalam melapor pajak nya, hal ini dikarenakan adanya kemungkinan kurang akuratnya data mengenai omzet penjualan selama bisnis berjalan, maka itu pembukuan sangat lah krusial dalam hal pelaporan pajak.

 

Masih banyak sekali peran – peran penting dalam pembukuan, agar bisnis Sobat bisa terhindar dari penghambatan operasional bisnis yang dikarenakan kurang tepat nya pembukuan. Yuk langsung aja beralih ke Sobat Buku Website, dijamin mudah untuk digunakan ditambah Sobat Buku Website ini gratis lho! Yakin nggak mau coba?

Article is not found
Article is not found