Ide Bisnis Sobat Ditiru Kompetitor? Ini Tips Menghadapinya!  

Sobat Buku | 2023-26-06 16:18:30 | 8 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Ide bisnis Sobat diplagiat oleh kompetitor? Tidak perlu panik, karena hal tersebut cukup wajar dalam dunia bisnis. Ditengah sengit nya dunia bisnis membuat para pelaku bisnis mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan penjualannya. Ide bisnis seperti konsep bisnis, model, hingga logo tentunya merupakan ide yang dipikirkan oleh setiap pelaku usaha untuk bisnis nya. Maka itu akan sangat menjengkelkan jika ide – ide tersebut dijiplak begitu saja oleh kompetitor. Akan tetapi Sobat tidak perlu panik dan bisa mencoba untuk menghadapinya. Berikut cara – cara yang bisa Sobat lakukan untuk menangani pesaing yang meniru bisnis Sobat.  

 

Tips Menghadapi Plagiat 

Berikut beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk menghadapi orang – orang yang meniru ide Sobat:  

Melakukan Pemeriksaan Secara Legal 

Tentunya Sobat akan merasa marah jika ide yang dibuat matang – matang dijiplak begitu saja oleh orang lain. Akan tetapi hal tersebut juga bisa Sobat banggakan lho karena jika sampai ditiru oleh orang lain itu artinya ide Sobat sangat brilian! Jadi sebelum tersulut emosi, Sobat bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan apakah betul orang tersebut benar – benar melanggar hukum, seperti hak cipta dll.  

Tantang Kembali 

Jika memang sudah dapat diyakinkan bahwa orang tersebut melakukan plagiat terhadap bisnis Sobat. Maka, jangan takut untuk angkat bicara kepada orang – orang tersebut. Ajukanlah pertanyaan seputar bisnis mereka dan pertanyakan klaim mereka secara profesional.  

Konfrontasi mungkin dapat membantu untuk menghentikan mereka meniru ide Sobat. Jika memang tidak mendapatkan titik terang akan masalah ini maka Sobat bisa menggunakan jalur hukum sebagai pilihan terakhir.  

Analisis Pesaing 

Sobat perlu melakukan analisis terhadap bisnis Sobat. Hal ini akan membantu Sobat dalam membangun strategi untuk melampaui kompetitor tersebut. Dengan menganalisis, Sobat bisa menghadapi kasus plagiat ini dengan baik dan tersusun.  

Fokus Dengan Bisnis Sobat 

Jangan hilang fokus karena terus menerus mengurus pesaing – pesaing yang meniru tersebut. Tetap pastikan fokus utama Sobat adalah pada bisnis Sobat. Dikutip dari perkataan Jeff Bezos CEO dari Amazon yang mengatakan bahwa dalam berbisnis Sobat bisa membuat pesaing fokus dengan bisnis Sobat, sedangkan Sobat fokus untuk mengembangkan bisnis dan pelanggan Sobat.  

Selalu bangun strategi selangkah lebih maju dari peniru tersebut agar mereka tidak bisa menyusul keberhasilan Sobat.  

Inovasi 

Dengan fokus kepada bisnis dan pelanggan, maka Sobat akan jauh lebih leluasa dalam melakukan inovasi. Sobat akan jauh lebih fokus untuk menemukan kembali model – model baru untuk bergerak maju. Jadi, teruslah menciptakan ide – ide baru dan otentik sehingga akan sulit untuk orang – orang lain meniru ide Sobat.  

 

Jadi, walaupun plagiat tersebut merugikan Sobat tapi Sobat bisa mengambil sisi positif nya dan menjadikan plagiarisme tersebut sebagai motivasi dan dorongan untuk terus berpikir kreatif serta menjadi lebih terdorong untuk mengembangkan diri. Semangat ya! 

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

Article is not found
Article is not found