Kompetitor Ajak Kerja Sama? Siapa Takut!

Sobat Buku | 2023-27-07 16:01:55 | 7 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam dunia bisnis, persaingan sudah sangat melekat. Setiap harinya selalu ada pendatang baru yang menjadi pesaing-pesaing bisnis. Akan tetapi tidak semua kompetitor merugikan lho. Banyak brand-brand besar yang justru bekerjasama dengan kompetitor nya. Faktanya, berkolaborasi dalam bisnis bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas bisnis. Dengan melakukan Kerjasama atau kolaborasi, pelaku usaha dapat menghemat biaya produksi dan memperkaya ide yang dihasilkan. Akan tetapi ada juga beberapa kerugian yang mungkin akan dirasakan, seperti perebutan sumber daya yang dimiliki. Akan tetapi, strategi berkolaborasi dengan kompetitor ini rupanya cukup digemari oleh beberapa pelaku usaha. 

 

Kerja Sama Antara Apple dan Samsung 

Sangat tidak disangka-sangka, kedua brand besar ini yang dikenal memiliki persaingan sengit, ternyata sempat bekerjasama untuk salah satu produk lho. Salah satu kerjasama kedua brand ini adalah untuk smart TV. Dimana pengguna smart TV Samsung juga bisa mengakses iTunes dari TV. Tidak hanya itu, pengguna AirPlay juga diberikan akses untuk menghubungkan konten pada produk Apple nya (iPhone dan iPad) untuk ditonton melalui layar televisi Samsung. 

Kolaborasi dengan pesaing terbesarnya dalam bentuk kerja sama ini, justru membuat Apple bisa memberikan layanan jasa yang jauh lebih banyak untuk konsumennya. Mungkin masih sedikit yang tahu, bahwa Samsung dan Apple telah bekerja sama cukup lama, dimana Samsung menyediakan komponen kunci Apple seperti perangkat keras dan juga layar untuk berbagai piranti seperti iPhone dan iPad.  

 

Keuntungan Berkolaborasi dengan Pesaing 

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan kolaborasi dengan pesaing melalui kerja sama bisnis: 

- Perluas Lingkup Inovasi 

Berkolaborasi dengan pesaing-pesaing dapat membantu suatu brand memperluas ruang lingkupnya dalam melakukan inovasi. Dimana kedua pihak dapat saling membagikan pengetahuan serta sumber daya yang diketahui untuk menghasilkan ide-ide kreatif baru yang cenderung tidak bisa dicapai jika dikerjakan sendiri. Selain itu, kolaborasi juga mendukung timbulnya gagasan inovatif berserta solusi baru untuk melewati rintangan Bersama. Selain itu, pesaing yang bekerja sama juga bisa mempelajari taktik kompetitor dan belajar dari kegagalan serta keberhasilan masing-masing.  

- Skala Ekonomi 

Berkolaborasi dengan pesaing melalui kerja sama bisnis juga bisa memberikan keuntungan dalam mencapai skala ekonomi. Penggabungan sumber daya serta kapabilitas, membuat perusahaan dapat mengurangi biaya produksi dan distribusi. Seperti, berbagi sumber daya atau fasilitas logistik. Hal tersebut bisa meningkatkan efesiensi operasional dan daya saing di pasar.  

- Perluas Segmen Pasar 

Dengan bekerjasama, kedua pelaku usaha dapat mengakses segmen atau pasar baru yang sebelumnya tidak pernah dijangkau. Kolaborasi ini membuka akses kepada perusahaan untuk memanfaatkan jaringan distribusi, pelanggan, dan juga pengetahuan pesaing yang sudah mapan di bidangnya. Melalui kolaborasi ini, pelaku usaha dapat memasuki pasar baru dan berkesempatan untuk memperluas basis pelanggan dan meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis kedepannya.  

- Pembentukan Standar Industri 

Kolaborasi bisa membantu dalam membentuk standar industri. Dalam beberapa industri, kerja sama antara pesaing diperlukan untuk mengembangkan standar serta regulasi yang bisa memberikan keuntungan untuk semua pihak. Dengan melakukan kerja sama, setiap bisnis nya dapat meningkatkan kualitas produk dan juga pelayanan. Selain itu, kolaborasi dengan pesaing juga bisa mendorong rasa kepercayaan pelanggan menjadi lebih tinggi. Pelaku usaha juga bisa memastikan kompatibilitas antar produk dalam ekosistem yang lebih luas 

Jadi, tidak semua kompetitor memberikan dampak buruk bagi bisnis Sobat. Semua kembali dengan bagaimana caranya Sobat mengelola dan menghadapi persaingan yang ada.  

 

Demikian pembahasan hari ini ya, semoga bisa membantu Sobat sekalian!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found