Elon Musk vs Mark Zuckerberg, Strategi Bisnis Siapa yang Lebih Ampuh?

Sobat Buku | 2023-04-08 15:56:26 | 7 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Siapa yang tidak tahu pertikaian yang sedang terjadi antara dua miliarder paling berpengaruh di industri teknologi ini? Pertikaian antara Elon Musk dan Mark Zuckerberg menjadi perhatian publik saat ini. Diketahui pertikaian dimulai ketika Elon Musk memberikan tantangan kepada Mark Zuckerberg di sosial media. Bahkan dikabarkan kedua nya akan bergelut diatas ring oktagon UFC.  

 

Pertikaian Elon Musk dan Mark Zuckerberg  

Semenjak kemunculan Threads sebagai sosial media terbaru yang dibikin oleh Meta, pemilik Twitter, Elon Musk secara terang-terangan menyindir CEO Meta, Mark Zuckerberg. Sindiran nya pun di sampaikan oleh Musk melalui akun Twitter pribadinya. Diketahui saat Threads diluncurkan, pengguna nya sudah mencapai 30 juta pengguna hanya dalam waktu kurang dari 24 jam. Bahkan hingga hari ini diperkirakan pengguna nya bisa mencapat 100 juta lebih pengguna. Hal inilah yang membuat Elon Musk gusar. Selain itu, Threads terlihat memiliki konsep yang mirip dengan Twitter. Hal ini membuat Twitter melayangkan sebuah surat ancaman kepada Mark Zuckerberg sebagai CEO Meta.  

Dalam surat tersebut, Twitter mendesak Meta untuk berhenti meniru Twitter di aplikasi Threads. Hal ini timbul karena kemiripan antara Threads dengan Twitter. Twitter juga menduga Meta telah memperkerjakan beberapa mantan karyawan Twitter untuk mengembangkan aplikasi Threads. Di sisi lain, Meta membantah tuduhan tersebut dengan menekankan bahwa para teknisi dan pengembang Threads tidak ada yang pernah bekerja di Twitter sebelumnya.  

 

Strategi Dibalik Kesuksesan Miliarder 

Selagi kedua miliarder tersebut sibuk dengan pertikaian nya. Kita coba bahas yuk strategi-strategi mereka hingga bisa sukses seperti sekarang! 

 

Elon Musk  

Melansir dari bisnis.com, Musk sempat memberikan saran kepada calon-calon pengusaha dalam menjalankan bisnis nya. Beberapa saran nya adalah untuk selalu terbuka dengan kritik. Terkadang sangat sulit bagi setiap orang untuk mendengarkan kritik, akan tetapi kritik merupakan proses dalam belajar. Jadi penting juga untuk mendengarkan kritik khususnya dalam berbisnis. Sehingga Sobat mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki atau dikembangkan dalam bisnis Sobat.  

Musk juga sangat menekankan pentingnya untuk meminta saran dalam setiap meetingnya. Dengan begitu, akan jadi lebih mudah untuk menemukan solusi terbaik dari berbagai pandangan.  Saat merekrut karyawan, Musk selalu memastikan bahwa mereka cocok dengan tim karena Musk sangat menjunjung tinggi kerja sama tim dan menyelaraskan harapan sejak awal. Ketika Musk menjadi CEO, dia turun tangan dalam menjaga perusahaan tetap bertahan. Jadi walaupun telah menjadi seorang CEO, Musk tidak hanya duduk di kantor dan menyuruh karyawan untuk bekerja, akan tetapi dia juga turut bekerja keras mengembangkan bisnis nya. Dalam wawancara Wired 2012, Musk pernah menyebutkan bahwa dia tidak percaya akan sebuah proses. Diri nya percaya bahwa proses hanya akan mempertahankan orang yang tidak begitu pintar dan tidak terlalu kreatif.  

 

Mark Zuckerberg  

Dalam menjalankan bisnis nya, Zuckerberg selalu membuat produk yang berguna bagi banyak orang. Seperti Facebook, dimana dirinya menciptakan sebuah platform yang bisa digunakan oleh banyak orang dan mempermudah orang-orang untuk berkomunikasi secara online. Zuckerberg juga terlihat melakukan sesuatu mulai dari hal kecil dan mudah dilakukan terlebih dahulu. Facebook tidak muncul begitu saja dalam waktu yang singkat. Terdapat proses yang panjang dan tentunya penuh perjuangan. Dimana awalnya terdapat aplikasi kecil sehingga menjadi sosial media yang mendunia. Mark Zuckerberg juga menyebutkan bahwa melakukan sesuatu yang disukai dan dicintai adalah hal yang paling penting dibandingkan dengan hasil.  

Sikap nya yang fleksibel juga menjadi salah satu kunci sukses Zuckerberg dalam mengembangkan produk nya hingga seperti sekarang. Diketahui facebook memiliki tujuan untuk menghubungkan banyak orang dengan mudah. Akan tetapi, facebook juga ternyata dikembangkan dalam bentuk bisnis. Disini terlihat Zuckerberg selalu terbuka untuk mengikuti tren dan perkembangan zaman. Hal ini memberikan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak peluang bisnis di dalam aplikasi tersebut.  

 

Itulah beberapa strategi dan tips untuk menjalankan bisnis yang dapat dilihat dari dua tokoh miliarder tersebut, Elon Musk dan Mark Zuckerberg hingga berhasil sampai saat ini. Beberapa hal diatas tentu nya bisa Sobat jadikan pembelajaran dalam mengembangkan bisnis Sobat! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

Article is not found
Article is not found