Ingin Punya Warung Makan Tapi Nggak Tahu Bedanya Rice Cooker, Magic Jar, Magic Com? Simak ini saja!

Sobat Buku | 2023-18-08 16:08:18 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Biasanya Sobat sebut barang satu ini apa? Rice cooker? Magic com? Atau Magic jar?  

 

Ternyata tiga sebutan tersebut merupakan nama produk yang berbeda lho! Hayoo ngaku siapa yang baru tahu?  

Sebagai orang lokal, sudah hampir menjadi kewajiban untuk memiliki stok nasi hangat di setiap rumah. Mungkin hampir seluruh rumah di Indonesia memiliki penanak nasi di dapur. Apalagi jika Sobat ingin membuka bisnis makanan, pasti produk ini jadi salah satu produk wajib yang diperlukan untuk menunjang bisnis Sobat. Tapi ada 3 jenis penanak nasi yang sudah beredar di Indonesia dan memiliki fungsi yang juga cukup berbeda. Rice cooker diketahui menjadi elektronik yang pertama kali diciptakan jika dibandingkan dengan magic com dan magic jar. Jika rice cooker biasa digunakan untuk menanak nasi. Magic jar biasa digunakan untuk menyimpan nasi, sedangkan magic com biasa digunakan untuk memasak.  

Walaupun mirip, tapi barang yang berguna untuk membuat nasi ini berbeda. Jadi, yuk Simak sampai akhir biar Sobat nggak salah beli karena fungsi tiap produk nya berbeda-beda nih. Tapi selain dari sisi fungsi, ketiga produk tersebut memiliki perbedaan pada harga, ketahanan, dan juga daya listrik nya. Jadi, pastikan Sobat membeli sesuai dengan modal ya! Oke oke kalau begitu langsung aja yuk kita bahas perbedaan ketiga produk ini. 

 

Rice Cooker 

Ternyata rice cooker merupakan alat penanak nasi yang paling pertama diciptakan, tepatnya pada tahun 1945 oleh seorang warga di Jepang. Fungsi utama nya tentu adalah memasak nasi. Tapi berkat kemajuan teknologi saat ini. Rice cooker sudah banyak yang multifungsi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Harga dari rice cooker sendiri biasanya berkisar Rp 150.000-Rp 250.000 

Dirancang untuk menanak nasi, perlu diketahui bahwa rice cooker memiliki ketahanan yang tidak terlalu lama dibandingkan kedua produk lainnya. Dianjurkan jika menggunakan rice cooker, nasi disimpan 11-12 jam saja agar kualitas nasi yang disimpan juga tidak menurun. Daya listrik yang digunakan untuk rice cooker sendiri biasanya sebesar 100 hingga 400-watt ketika digunakan untuk memasak ataupun menanak nasi dan 30 hingga 50-watt untuk mode menghangatkan nasi.  

 

Magic jar 

Setelah rice cooker terbitlah magic jar. Tentu kemunculan magic jar bertujuan untuk melengkapi fungsi dari rice cooker. Bahkan awalnya magic jar hanya bisa digunakan untuk menghangatkan nasi setelah dimasak oleh rice cooker lho. Tapi untungnya saat ini teknologi jauh lebih canggih sehingga sudah banyak magic jar yang dilengkapi fungsi menanak nasi juga. Untuk UMKM yang memerlukan kapasitas besar hingga 7 atau 8 liter, maka magic jar jawabannya. Biasanya magic jar digunakan oleh restoran yang memerlukan kapasitas besar seperti warung Tegal alias warteg, atau rumah makan padang. Dengan kapasitas yang besar, tentu nya modal yang harus dikeluarkan untuk magic jar lebih besar dibandingkan rice cooker. Dengan kisaran Rp 300 ribu hinggan Rp 1 juta.  

Fungsi khusus dari magic jar adalah untuk menjaga nasi tetap hangat, jadi Sobat tidak perlu khawatir nasi akan mengering atau basi. Tetapi, akan jauh lebih baik jika nasi disimpan sekitar 6 sampai 12 jam saja untuk menjaga kualitas nasi. Keunggulan lainnya, magic jar memiliki kebutuhan daya listrik yang cenderung lebih rendah, yaitu 80 hingga 350 watt.  

 

Magic Com 

Kalau Sobat mencari alat elektronik yang bisa menunjang berbagai macam kebutuhan, maka produk satu inilah yang Sobat cari. Bisa digunakan untuk menanak nasi, menghangatkan nasi, menghangatkan lauk pauk, memanggang bahkan hingga mengukus dan membuat kue. Alat serba bisa ini bisa menjadi pilihan Sobat jika memiliki modal lebih. Tujuan diciptakannya produk ini memang untuk menggabungkan fungsi rice cooker dan magic jar yang ditambahkan dengan fitur-fitur lainnya agar memudah proses pemasakan setiap hari nya.  

Magic com memiliki ketahanan yang lebih unggul dibandingkan dengan rice cooker biasa, dimana Sobat bisa menyimpan dan menghangatkan nasi selama 12-24 jam. Tapi tetap sebaiknya segera habiskan nai saat sudah mulai memasaknya ya. Untuk daya listrik magic com pun berbeda sesuai dengan kapasitas nya. Jika berkapasitas sekitar 1-liter maka daya listrik nya berkisar 300 watt. Sedangkan untuk magic com yang berkapasitas 2-liter daya listrik nya bisa berkisar 400 wat.  

Produk ini cocok banget nih untuk para UMKM yang nggak punya tempat luas untuk menaruh banyak peralatan, karena dengan satu produk ini saja Sobat sudah bisa digunakan untuk berbagai macam. Akan tetapi modal yang dikeluarkan juga tentu lebih banyak dibandingkan dengan membeli rice cooker biasa. Magic com ini dibanderol mulai harga Rp 250.000 sampai Rp 1.000.000 tentunya tergantung dengan merek dan juga fitur yang dimiliki. 

 

Nah, jadi kalau sebelumnya Sobat masih bingung menentukan untuk memilih produk yang mana untuk bisnis Sobat, sekarang sudah tidak bingung lagi dong?  

Pastikan produk yang Sobat pilih sesuai dengan modal dan juga keperluan ya!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found