Bisnis Juga Ada Asuransi? Berikut Penjelasannya! 

Sobat Buku | 2023-25-08 16:06:01 | 6 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Segala hal yang dilakukan tentu memiliki risiko nya masing-masing. Seringkali kita menjumpai adanya risiko tak terduga yang mengakibatkan terjadinya kerugian finansial. Dengan adanya asuransi bisnis, maka akan melindungi bisnis Sobat dari risiko tak terduga yang terjadi, seperti misalnya kehilangan, kerusakan, hingga kerugian. Untuk memahami asuransi bisnis lebih jelas dan lengkapnya, yuk simak sampai akhir! 

 

Definisi Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis merupakan salah satu produk asuransi sebagai bentuk dari perlindungan serta pengendalian risiko terhadap usaha Sobat. Dalam hal ini, asuransi bisnis dengan manfaatnya, yaitu berupa pengalihan atas risiko, pengumpulan dana, serta harga premi yang seimbang. 

Asuransi bisnis dapat dikatakan sebagai bagian dari asuransi umum yang mana sebagai pertanggungan risiko serta memberikan penggantian akibat dari risiko yang terjadi. Dalam hal ini, risiko yang dimaksud adalah berupa kerusakan, kerugian, kehilangan keuntungan, biaya yang timbul, ataupun tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga atas peristiwa yang tidak diinginkan yang diderita oleh pemegang polis. 



Manfaat Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis akan memberikan manfaat bagi kelangsungan bisnis Sobat. Berikut beberapa manfaat nya: 

  1. Mengganti Kerugian atas Risiko yang Terjadi

Sebuah bisnis tidak akan asing dengan istilah kerugian. Namun, risiko atas kerugian tersebut harus tetap diwaspadai, baik itu kerugian yang besar maupun kecil. Sobat harus siap atas risiko kerugian yang mungkin akan terjadi. Salah satu antisipasi yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki asuransi bisnis, agar kerugian yang dialami tidak akan memberikan dampak yang signifikan bagi Sobat. Selain itu, dengan asuransi bisnis dapat berperan dalam strategi bisnis Sobat dalam menjalankan usaha ketika mengalami sebuah masalah atau kendala. Dengan asuransi bisnis ini juga akan membantu bisnis Sobat dalam melindungi dari risiko kebangkrutan yang mungkin terjadi. 

  1. Memberikan Perlindungan

Risiko yang terjadi kerap kali adalah risiko yang tak terduga. Seperti bencana alam, kecelakaan, pencurian aset, dan kebakaran. Perlindungan yang diberikan akan mengurangi rasa kekhawatiran terhadap bisnis yang Sobat jalankan dan tidak akan mengancam kegiatan operasional bisnis Sobat. 

  1. Meminimalisir Risiko Kerugian

Semakin berkembangnya suatu bisnis, maka semakin besar pula risiko yang mungkin akan terjadi. Kekhawatiran serta ketakutan akan dapat diminimalisir dengan adanya asuransi bisnis ini. Sehingga dapat memaksimalkan potensi dalam mengembangkan bisnis yang Sobat jalani.

  1. Membuat Pondasi Bisnis Tetap Kuat

Dengan memiliki asuransi bisnis, maka Sobat telah memiliki sebuah pondasi terhadap bisnis Sobat untuk dapat terhindar dari berbagai risiko yang mungkin akan terjadi pada kegiatan operasional bisnis Sobat. Pondasi yang kuat diperlukan agar bisnis yang Sobat jalani tetap berdiri kokoh agar terjaga dan terhindar dari segala kemungkinan risiko yang terjadi.

  1. Adanya Jaminan Pengiriman Barang

Pengiriman barang kerap kali dilakukan untuk membantu dalam melancarkan kegiatan perdagangan bisnis Sobat. Dalam hal ini, asuransi sangat berperan dalam pengiriman barang. Mengapa demikian? Karena proses pengiriman barang ini memiliki risiko yang tinggi, seperti misalnya kerusakan atas barang yang dikirim atau risiko kehilangan barang. Dengan adanya asuransi bisnis ini, maka akan membantu Sobat jika mengalami risiko tersebut. 

 

Itulah penjelasan mengenai asuransi bisnis hingga manfaat yang didapatkan. Semoga informasi artikel ini bermanfaat bagi para sobat yang sedang menjalankan bisnis agar tidak lagi ada kekhawatiran dalam menjalankan bisnis Sobat. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found