Bebas Dari Jeratan Pinjol Kalau Tahu Tips Merdeka Dalam Finansial Ini! 

Sobat Buku | 2023-31-08 16:59:30 | 6 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dikutip dari OJK, saat ini pengunaan layanan pinjaman online atau pinjol terus mengalami peningkatan. Dikatakan bahwa sisa pinjaman yang belum dibayar debitur mencapai Rp 51,46 triliun pada Mei 2023 lalu. Dari peningkatan tersebut dapat disimpulkan penggunaan pinjaman online dari masyarakat Indonesia semakin tinggi. Padahal faktanya, penggunaan pinjol bisa memberikan dampak yang buruk, dimana pinjol akan membuat peminjam membayarkan utang nya disertai dengan bunga yang tidak wajar, dengan begitu utang negara pun juga turut meningkat. Selain besaran bunga yang sangat tinggi, jika Sobat terjerat pinjol secara illegal, Sobat juga bisa mendapatkan layanan yang sangat buruk seperti menagih dengan ancaman hingga kekerasan. Tentunya penggunaan pinjol ini disebabkan oleh kebutuhan yang mendesak akan tetapi tidak adanya dana yang tersedia sehingga para peminjam akan menggunakan berbagai cara untuk bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah. Kondisi inilah yang dimanfaatkan pinjol illegal tanpa harus repot-repot mengurus perizinan.  

 

Pentingnya Financial Freedom 

Sobat pasti pernah mendengar istilah ‘financial freedom’ atau kebebasan secara finansial karena hal ini sudah cukup sering diperbincangkan di sosial media. Financial freedom atau disebut juga kebebasan finansial adalah suatu kondisi dimana terpenuhinya gaya hidup seseorang tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan. Menurut Robert T. Kiyosaki, financial freedom bukanlah kaya raya dan bukan berarti memiliki harta berlimpah. Kemerdekaan atau kebebasan secara keuangan (financial freedom) merupakan kondisi dimana Sobat merasa bebas, bebas yang dimaksud adalah bebas menjadi diri sendiri dan bebas menjalankan hal-hal yang disukai tanpa adanya gangguan ataupun masalah keuangan karena sudah memiliki sumber penghasilan pasif (passive income) yang terus-menerus.  

Tentunya, financial freedom tidak bisa didapatkan dan dicapai begitu saja diperlukannya effort lebih dan keinginan untuk belajar serta bekerja yang kuat, karena kemerdekaan keuangan (financial freedom) adalah suatu level kehidupan dimana seseorang dapat menjalani kehidupan tanpa perlu berpikir darimana datangnya uang untuk menutup setiap pengeluaran. Tentunya nya kemerdekaan keuangan (financial freedom) menjadi impian bagi semua orang karena hal ini membantu membangun pondasi yang kuat bagi masa depan.  

 

Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom 

Dengan financial freedom, Sobat tidak akan lagi terhubung dengan berbagai pinjaman-pinjaman, karena keuangan yang jauh lebih stabil. Mungkin terdengar sangat sulit ya untuk mencapainya, tapi dengan keinginan yang kuat dan beberapa tips dalam mencapainya, tentu hal itu bukanlah hal yang mustahil. Nah, jika Sobat ingin meraih financial freedom, ini dia tips yang bisa membantu Sobat mencapainya: 

  • Anggaran dan rencana keuangan 

Sudah cukup sering disebutkan bahwa anggaran dan rencana keuangan sangat membantu dalam berbagai aspek. Sobat bisa memulai dengan membuat anggaran yang jelas dan lengkap untuk pengeluaran dan juga pendapatan Sobat. Hitunglah berapa banyak dana yang dikeluarkan setiap bulannya dan berapa banyak dana yang masuk setiap bulannya. Dengan begitu, Sobat bisa mengelola pengeluaran kedepannya secara lebih efektif dan bisa menentukan prioritas yang tepat dalam pengeluaran. 

  • Jauhi utang konsumtif 

Berutang bukanlah hal yang buruk dan harus dihindari, bahkan dengan berutang Sobat bisa mendapatkan beberapa benefit yang bisa membantu keuangan Sobat. Tapi hal ini hanya berlaku untuk tujuan utang yang tepat. Jika Sobat berutang untuk keperluan yang tidak produktif misalnya untuk barang mewah yang tidak diperlukan atau untuk mendanai liburan mewah yang hanya bisa menjadi kesenangan sesaat saja, maka utang tersebut justru akan memberikan beban keuangan yang berat di masa depan. Maka itu, hindarilah utang untuk hal-hal tersebut tetapi fokuskanlah untuk meminimalkan utang dan mengelola utang dengan bijak untuk keperluan yang produktif. 

  • Perbaiki Gaya Hidup 

Gaya hidup menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan dalam mencapai financial freedom ini. Dengan sikap yang suka melakukan pembelian secara implusif dan juga gaya hidup yang boros maka hal ini akan merugikan kondisi keuangan Sobat. Maka itu, cobalah untuk lebih hemat dan mengurangi pemborosan. Pilihlah gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan finansial Sobat. Coba untuk pisahkan antara keinginan dan juga kebutuhan, pusatkan fokus Sobat untuk hal-hal yang bisa memberikan nilai jangka Panjang bagi kehidupan Sobat. 

  • Perluas Wawasan 

Sobat tidak bisa mengabaikan pentingnya literasi keuangan. Dengan pemahaman yang memumpuni mengenai keuangan dan cara mengelola nya, semakin baik juga Sobat dalam mengambil keputusan yang cerdas terkait keuangan. Pemahaman dan wawasan mengenai keuangan bisa Sobat tingkatkan dengan membaca berbagai buku dengan topik keuangan, berita terbaru, hingga mengikuti seminar dan kursus yang berkaitan dengan literasi keuangan. 

  • Investasi 

Melakukan investasi bisa membantu uang sobat bertumbuh lebih cepat dibandingkan dengan menabung di rekening biasa saja. Jadi tidak ada salahnya mulai investasi sejak dini, walaupun dimulai dengan jumlah yang kecil. Investasi bisa menjadi langkah awal Sobat untuk mencapai kemerdekaan finansial. 

 

Tapi perlu diingat bahwa dalam meraih kemerdekaan keuangan (financial freedom), Sobat perlu memiliki kesabaran dan juga kedisiplinan, karena hal tersebut bukanlah hal yang bisa Sobat bisa dapatkan secara instan. Jadi, mulai dari sekarang yuk!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found