Mau franchise Rumah Makan Padang? Ini Rekomendasinya!

Sobat Buku | 2023-05-09 15:49:05 | 6 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Bisnis makanan tidak ada habisnya. Dengan segmen pasar yang sangat luas membuat banyak pelaku usaha mencoba berusaha di bidang ini. Selain itu, makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak jenis makanan atau yang digemari salah satunya, Nasi Padang. Makanan asal Sumatra Barat ini merupakan salah satu menu favorit banyak orang. Hal ini membuat rumah makan Padang menjadi peluang yang menggiurkan bagi para pelaku usaha, mengingat nasi Padang sudah menjadi menu andalan untuk makan siang bagi masyarakat Indonesia, bahkan tidak hanya makan siang saja, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi Padang sebagai santapan yang nikmat untuk dimakan di malam hari. Akan tetapi, untuk merintis dan juga membangun merek rumah makan sendiri pastinya memerlukan usaha yang sangat besar agar bisa dikenal oleh masyarakat, ditambah lagi dengan persaingan yang ketat dengan sejumlah restoran Padang yang sudah memiliki nama dan dikenal secara luas oleh publik. Tapi jangan langsung putus asa ya Sobat, karena Sobat masih bisa mencoba bisnis franchise atau waralaba. Selain lebih terjamin karena sudah memiliki nama, Sobat juga tidak perlu risau memikirkan strategi pemasaran. Mau tahu franchise apa saja yang bisa Sobat coba? Yuk Simak sampai akhir!  

 

Rekomendasi Franchise Rumah Makan Padang 

  • RM Padang Payakumbuah 

Salah satu rumah makan Padang yang sedang viral karena dimiliki oleh salah satu influencer yaitu Arief Muhammad. Selain itu, RM Padang satu ini juga dikenal memiliki rasa yang sangat otentik sehingga menarik perhatian banyak konsumen. Didukung dengan harga nya yang terjangkau, peminat akan Rumah Makan Padang ini cukup tinggi. Hal ini tentu nya peluang emas bagi para pelaku usaha. Untuk bisa membuka rumah makan ini, modal yang disiapkan juga lumayan besar yaitu sebesar Rp4 miliar yang sudah meliputi lisensi merek sebesar Rp1,5 miliar untuk kurun waktu 5 tahun dan juga sudah termasuk untuk penyewaan tempat atau outlet, renovasi, dan juga desain.  

  • Restoran Sederhana 

Rumah makan padang ini sudah menjadi top of mind untuk masakan Padang di Indonesia. Hal ini pasti menarik banyak perhatian para pelaku usaha karena eksistensi dari rumah makan satu ini. Restoran Sederhana memberikan sistem franchise yang cukup berbeda dibandingkan rumah makan lainnya. Dimana Sobat akan memberikan modal terlebih dahulu dan PT Sederhana Citra Mandiri yang nanti nya akan melakukan dan membantu segala manajemen outlet tersebut. Akan tetapi, urusan mengenai manajemen keuangan tetap bersifat mandiri dan sudah terdapat otoritas sendiri.  

Melansir dari bisnis.com, modal yang diperlukan untuk membuka outlet Restoran Sederhana ini mencapai Rp 1 miliar, dengan franchise fee sebesar Rp 95 juta. Modal tersebut sudah termasuk dalam pembelian bahan baku makanan dan juga suplai tenaga kerja profesional. Sobat juga bisa melakukan negosiasi bersama para franchisor untuk perhitungan bagi hasil ketika pembentukan kontrak kerja sama.  

  • RM Padang Garuda 

Mungkin masih ada Sobat-sobat yang belum pernah mendengar nama resto satu ini. Faktanya rumah makan ini memang cukup sulit ditemukan. Akan tetapi, Garuda ini sudah berdiri sejak tahun 1976 dan telah memiliki gerai sebanyak 26 outlet di berbagai kota di Indonesia. Garuda juga berhasil membuka outlet nya di luar negeri dan saat ini sudah memiliki 3 gerai di Singapura. Diketahui, modal yang diperlukan untuk franchise rumah makan Padang Garuda ini lebih terjangkau dibandingkan yang lainnya yaitu sebesar Rp 100 juta.  

  • RM Padang Ampera

Nama rumah makan yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat karena memiliki harga yang terbilang sangat terjangkau, akan tetapi dengan kualitas dan cita rasa yang sangat memuaskan. Restoran satu ini menyediakan masakan padang dengan bumbu khas daerah Minangkabau. Untuk membuka franchise satu ini, pihak manajemen menawarkan dua paket usaha diantaranya pola mandiri dan pola platinum yang berbeda-beda fasilitas nya sesuai dengan pilihan Sobat. Harga paket usaha yang ditawarkan juga terjangkau, dimulai dari Rp 75 Juta per paket usaha. Dimana dengan modal tersebut, Sobat sudah bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas dari waralaba restoran ini mulai dari merek, perlengkapan resto hingga pendampingan dan training untuk kurun waktu 3 bulan.  

  • RM Padang Sari Bundo 

Salah satu merek rumah makan Padang satu ini cukup terkenal dikalangan orang-orang ternama dan para pejabat negara. Sari Bundo sudah berdiri cukup lama yaitu sejak tahun 1967. Menu-menu yang disediakan tentunya merupakan sajian khas Padang seperti, ayam pop, rendang, dan masih banyak lagi. Diketahui untuk membuka waralaba RM Padang Sari Bundo ini, Sobat harus menyiapkan modal sekitar Rp 1,5 miliar untuk flagship dan kira-kira Rp500 juta untuk gerai ruko 

 

Nah, Sobat tertarik dengan rumah makan Padang yang mana? Jangan lupa pastikan Sobat memilih sesuai dengan kemampuan yang sesuai ya!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook 

Article is not found
Article is not found