Kabar Gembira, Kini Pembayaran Seluruh ASEAN Bisa Pakai QRIS!

Putri | 2023-12-09 19:40:47 | 6 months ago
article-sobat-pajak
Kabar Gembira, Kini Pembayaran Seluruh ASEAN Bisa Pakai QRIS!

Jakarta - Kini, lima negara ASEAN telah menyepakati kerja sama pembayaran lintas negara ASEAN menggunakan QR Code atau e-wallet. Negara tersebut ialah Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Dengan kerjasama tersebut, kelima negara ASEAN menyepakati penggunaan QR Code, data, fast payment, RTGS, dan transaksi mata uang lokal sebagai salah satu metode pembayaran di kawasan.

Perlu diketahui, Bank Sentral dari lima negara ASEAN tersebut ialah Bank Indonesia (BI), Monetary Authority of Singapore (MAS), Bank of Thailand (BOT), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), dan Bank Negara Malaysia (BNM). Seluruhnya telah menyepakati kerja sama dalam mewujudkan pembayaran lintas negara ASEAN yang lebih cepat, murah, inklusif, dan transparan.

Dengan adanya kesepakatan ini, setiap bank sentral berkomitmen menggunakan mata uang lokal lintas negara ASEAN sebagai pembayaran resmi yang dikonversikan berdasarkan nilai kurs yang berlaku di masing-masing negara.

Pada Januari 2023, Indonesia dan Malaysia melakukan uji coba sistem pembayaran lintas negara berbasis QR Code. Sistem ini menjadi metode pembayaran resmi lintas negara per tanggal 8 Mei 2023. Sebelumnya, kerjasama pembayaran lintas negara dengan QR Code ini telah berhasil dijalankan di Thailand dan Indonesia.

Adapun, data dari Bank Indonesia menyebutkan jumlah transaksi turis Indonesia yang berbelanja di Thailand dengan Thai QR Codes telah mencapai 14.555 transaksi hingga mencapai nilai transaksi Rp8,54 miliar. Kemudian, terdapat jumlah transaksi turis Thailand di Indonesia dengan QRIS sebanyak 492 transaksi dan nilai mencapai Rp114 Juta.

Oleh karena itu, Bank Indonesia pun mendorong penggunaan QRIS sebagai pembayaran resmi lintas negara ASEAN lainnya agar setiap bank sentral dapat melakukan standarisasi pembayaran digital pada berbagai Aplikasi keuangan digital, seperti mobile banking atau e-wallet.

Hal ini mengartikan, QRIS menyatukan berbagai macam QR dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) agar transaksi lebih praktis dan terpusat, sehingga konsumen tidak perlu memiliki akun atau menggunakan berbagai aplikasi pembayaran yang beda. Hal ini membuat transaksi digital melalui QR Code lebih cepat, aman, dan mudah.

Pembayaran mudah dan cepat ini berguna untuk meningkatkan perdagangan ataupun pariwisata di kawasan ASEAN, misalnya wisatawan asal Indonesia bertransaksi di Malaysia, sehingga tidak perlu lagi membawa uang Ringgit karena sistem pembayaran QRIS akan mengonversi saldo dalam bentuk Rupiah ke Ringgit, sesuai kurs yang berlaku saat terjadinya transaksi.

Dengan penggunaan QRIS di lintas negara ASEAN ini, negara-negara yang tergabung tidak perlu lagi bergantung dengan nilai Dolar AS. Selain itu, kerja sama negara di ASEAN akan semakin terintegrasi dan berkelanjutan, sehingga dapat memperkuat ekonomi di kawasan ASEAN dalam tingkat global.

Pembayaran di berbagai negara ASEAN dengan menggunakan QR Code ini dapat digunakan untuk membayar berbagai hal seperti belanja di toko, mall, dan membeli tiket wisata. Sebelum menikmati kemudahan dalam bertransaksi menggunakan QRIS antarnegara, Anda dapat mengunduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan di smartphone dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi pembayaran dan klik pada menu ‘’Scan QRIS’’
  • Masukkan nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal, misalnya 10 baht (฿)
  • Cek kembali tujuan dan nominal dalam Rupiah (nominal akan otomatis terkonversi ke Rupiah, misalnya dari 10 ฿ berubah menjadi Rp4.500)
  • Masukkan PIN terdaftar. Apabila berhasil, Anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi telah sukses dilakukan
  • Lalu, pembayaran dengan QRIS antarnegara telah selesai dilakukan.
Article is not found
Article is not found