Peran Food Vlogger Bagi UMKM Bidang Kuliner

Ray Farandy | 2023-29-09 17:21:35 | 5 months ago
article-sobat-pajak
Peran Food Vlogger Bagi UMKM Bidang Kuliner

Jakarta - Pandemi COVID-19 yang dimulai pada tahun 2020 lalu sangat berdampak pada perekonomian Indonesia. Di sektor UMKM yang notabene penggerak ekonomi nasional pun ikut terkena imbasnya. Terlebih di sektor kuliner yang pada saat itu sangat berpotensi menjadi perantara tersebarnya virus COVID-19. Berdasarkan data dari Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), sekitar 30 juta UMKM di Indonesia gulung tikar akibat pandemic COVID-19.

Di era digital seperti sekarang ini platform sosial media seperti Youtube, Tiktok dan Instagram sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Melalui platform inilah muncul peluang-peluang yang dimanfaatkan sebagian orang untuk membuat konten review/ulasan yang berhubungan dengan dunia kuliner. Mulai dari figur publik hingga orang biasa kini dapat dengan mudah menjadi reviewer kuliner di berbagai platform.

Di sisi lain, adanya platform sosial media tersebut memudahkan pihak yang ingin mencari (audience) tahu apakah restoran atau tempat makan yang dicari sesuai dengan keinginan. Namun tak jarang juga banyak pihak yang justru menjatuhkan bisnis UMKM khususnya di bidang kuliner dan dipublikasikan melalui sosial media.  Hal ini lah yang seringkali menjadi perbincangan dan trending topic di masyarakat.

Dari sisi pembuat konten, tentunya mereka sangat berperan bagi keberlangsungan UMKM kuliner. Hal ini karena mereka bisa mempublikasikan revienya dan ditonton oleh banyak pengikut di media sosial. Sebuah UMKM bisa menjadi viral ataupun bangkrut juga bisa diakibatkan oleh andil dari para food vlogger. Oleh karena itu perlu adanya kesadaran akan dampak yang ditimbullkan dari konten yang dibuat oleh kreator.

Sejatinya food vlogger yang mereview UMKM kuliner memiliki dampak positif yang dapat dirasakan oleh pelaku bisnis UMKM. Mulai dari viral di sosial media hingga ujungnya adalah peningkatan omzet demi keberlangsungan bisnis. Berikut beberapa peran penting food vlogger terhadap UMKM kuliner di Indonesia.

  1. Peningkatan Visibilitas dan Reputasi UMKM

Salah satu manfaat utama yang diberikan oleh food vlogger adalah peningkatan visibilitas dan reputasi bagi UMKM kuliner. Ketika food vlogger merekomendasikan atau mengulas makanan dari sebuah warung atau restoran kecil, itu dapat menghasilkan eksposur yang signifikan bagi bisnis tersebut. Ulasan positif dari food vlogger yang memiliki pengikut setia dapat membantu menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan citra positif dari UMKM tersebut.

  1. Menciptakan Antusiasme

Food vlogger memiliki kemampuan untuk menciptakan dan antusiasme di sekitar bisnis kuliner tertentu. Ketika sebuah restoran atau kafe mendapatkan ulasan positif dari seorang food vlogger yang populer, itu bisa menjadi sorotan dalam komunitas makanan dan memicu minat yang lebih besar dari masyarakat. Antusiasme seperti ini dapat berdampak langsung pada peningkatan penjualan dan pengunjung bagi UMKM tersebut.

  1. Edukasi Produk dan Menu

Sebagian besar food vlogger tidak hanya mengulas makanan, tetapi juga memberikan informasi rinci tentang menu, harga, dan suasana di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Ini membantu calon pelanggan untuk membuat keputusan yang lebih informan tentang tempat makan yang mereka pilih. Bagi UMKM, ini adalah kesempatan untuk mengedukasi pelanggan potensial tentang produk mereka dan menarik minat lebih lanjut.

  1. Jangkauan Audiens yang Lebih Luas

Food vlogger sering memiliki pengikut dari berbagai latar belakang dan lokasi geografis. Ini berarti ketika mereka merekomendasikan UMKM kuliner, pesan tersebut dapat menjangkau audiens yang lebih luas daripada hanya mengandalkan pemasaran lokal. Hal ini sangat penting bagi UMKM yang ingin menarik pelanggan dari luar daerah atau bahkan wisatawan.

  1. Memberikan Masukan yang Berharga

Food vlogger sering memberikan umpan balik yang jujur dan tajam tentang makanan dan layanan yang mereka ulas. Meskipun ini bisa menjadi tantangan bagi UMKM jika ulasannya negatif, umpan balik ini juga dapat menjadi sumber pembelajaran yang berharga. Dengan mendengarkan masukan dari food vlogger dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki, UMKM dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

  1. Mendukung Industri Pariwisata

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman kuliner regional. Food vlogger dapat membantu mempromosikan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tidak hanya mendukung bisnis lokal, tetapi juga mempromosikan pariwisata kuliner, yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Food vlogger memang memiliki peran yang vital dalam promosi UMKM kuliner. Akan tetapi, perlu adanya kesadaran dari pembuat konten untuk memberikan ulasan yang objektif. Mencantunkan disclaimer (sangkalan) juga dapat membuat audiens tahu kalau ulasan yang mereka buat memiliki sisi subjektivitas.

Article is not found
Article is not found