Jelang Libur Akhir Tahun, UMKM Perlu Siapkan Ini!

Ray Farandy | 2023-05-12 17:10:58 | 5 months ago
article-sobat-pajak
Jelang Libur Akhir Tahun, UMKM Perlu Siapkan Ini!

Jakarta - Di Indonesia, libur akhir tahun seperti sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang. Umumnya, masyarakat beserta kerabat dan keluarga berbondong-bondong untuk menghabiskan libur akhir tahun dengan berwisata ke lokasi wisata yang terkenal ataupun yang underrated. Umumnya, momentum libur akhir tahun dimanfaatkan untuk menikmati libur Hari Raya Natal dan malam pergantian tahun.

Perayaan natal di Indonesia adalah salah satu momen penting bagi umat kristiani yang merupakan sekitar 10% dari populasi negara. Gereja-gereja di seluruh negeri dihias dengan lampu dan dekorasi natal serta banyak yang mengadakan ibadah malam natal pada malam 24 Desember.

Tahun Baru di Indonesia biasanya dirayakan dengan pesta dan kembang api di berbagai tempat, termasuk di rumah, hotel, dan tempat-tempat hiburan. Banyak orang yang juga mengadakan pesta khusus di rumah mereka atau berkumpul di tempat-tempat umum untuk menonton kembang api dan merayakan pergantian tahun.

Libur akhir tahun juga adalah waktu yang populer untuk berlibur, baik di dalam maupun luar negeri. Banyak orang yang memanfaatkan waktu ini untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata populer di Indonesia seperti Bali, Yogyakarta, dan Lombok, atau untuk bepergian ke negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

 

Persiapan UMKM Menyambut Libur Akhir Tahun

Libur akhir tahun menjadi momentum Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meraup keuntungan maksimal. Banyaknya wisatawan yang menghabiskan libur akhir tahun menjadi peluang untuk menjajakan produknya ke banyak orang. Mulai dari usaha penginapan, kuliner, wisata alam, hingga kerajinan tangan menjadi contoh produk yang laris saat libur akhir tahun.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan UMKM untuk menyambut libur Panjang akhir tahun, di antaranya sebagai berikut.

  1. Perencanaan Persediaan

Saat libur akhir tahun, permintaan akan produk tertentu cenderung meningkat. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk merencanakan persediaan dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Lakukan analisis terhadap penjualan tahun sebelumnya untuk memperkirakan berapa banyak stok yang diperlukan. Jangan lupa untuk memperhitungkan waktu pengiriman dan produksi agar produk dapat tersedia tepat waktu. Untuk UMKM jasa, perlu juga memastikan kesiapan sumber daya manusia untuk menyambut libur akhir tahun.

  1. Mengeluarkan Produk Khusus

Menawarkan produk atau jasa khusus untuk libur akhir tahun dapat menarik lebih banyak pelanggan. Misalnya, produk makanan bisa dikemas dalam bentuk parcel atau hadiah, atau bisa menawarkan pakaian dan aksesori dengan tema Natal dan Tahun Baru. Perhatikan kualitas dan kreativitas dalam desain produk untuk menarik minat pembeli.

  1. Memberikan Promosi dan Potongan Harga

Libur akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menggelar promosi atau memberikan diskon. Contohnya bisa menawarkan diskon untuk produk tertentu, atau memberikan hadiah atau voucher belanja bagi pelanggan yang membeli di atas jumlah tertentu. Gunakan media sosial, website, atau email untuk mempromosikan penawaran kepada pelanggan.

  1. Pelayanan Pelanggan

Libur akhir tahun adalah waktu yang sibuk, dan banyak pelanggan mungkin memiliki pertanyaan atau masalah terkait produk atau layanan. Pastikan untuk memiliki tim pelayanan pelanggan yang siap membantu dan merespons pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional.

  1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran dapat direncanakan untu menarik pelanggan atau meningkatkan penjualan. Hal ini bisa mencakup pemasaran digital seperti iklan online, email marketing, atau pemasaran konten. Bekerja sama dengan influencer atau KOL (Key Opinion Leader) juga dapat digunakan untuk mereview produk atau jasa.

  1. Pelatihan Karyawan

Libur akhir tahun adalah waktu yang sibuk dan bisa sangat menantang bagi karyawan. Pastikan mereka memiliki pelatihan dan sumber daya yang cukup untuk menghadapi peningkatan beban kerja. Berikan motivasi dan apresiasi untuk kerja keras mereka selama periode ini.

Dengan menjalan beberapa program di atas, kini pelaku bisnis tak perlu takut lagi untuk menyambut libur akhir tahun. Dengan persiapan yang matang, tentunya harus bisa dimanfaatkan UMKM untuk meraup omzet maksimal.

Article is not found
Article is not found