Communication Skill dengan konsep 4.0 dalam Membangun Bisnis

Sobat Buku | 2023-16-05 15:36:25 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Sobat saat mendengar kata ‘komunikasi’ dan ‘masyarakat’? Mengapa dua hal tersebut selalu dikaitkan satu sama lain?  Hal ini, sebab tanpa komunikasi tidak akan terbentuk masyarakat, sebaliknya tanpa masyarakat maka manusia tidak akan dapat mengembangkan komunikasi. Pada intinya, manusia tidak bisa untuk tidak berkomunikasi, sebab manusia adalah makhluk hidup yang dikodratkan untuk hidup berkomunikasi dengan yang lainnya.

 

Perlukah Ilmu Komunikasi Dipelajari?

Ada suatu pendapat yang mengatakan bahwa manusia pada dasarnya sudah dapat berkomunikasi tanpa mempelajari bagaimana sebenarnya ilmu komunikasi itu. Pandangan seperti ini hanya melihat komunikasi dari pandangan yang sempit, karena tidak melihat komunikasi sebagai sebuah profesi yang dapat membantu seseorang dalam meningkatkan perannya sebagai seorang anggota masyakat, baik itu melalui hubungan antarmanusia, maupun dalam meningkatkan keterampilannya berupa kreativitas yang dapat meningkatkan kualitas diri. Alasan-alasan mengapa ilmu komunikasi perlu dipelajari adalah sebagai berikut:

  1. Komunikasi akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan relasi, sehingga mendapatkan informasi yang hanya dapat diketahui jika memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  2. Semakin minimnya etika yang diterapkan dalam berkomunikasi, dengan mengetahui konsep, teori, dan dasar-dasar praktik komunikasi yang baik, seseorang bisa menjadi pekerja komunikasi yang terampil dan professional dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Komunikasi penting karena memiliki nilai estetika untuk memenuhi kebutuhan rohani manusia. Nilai estetika yang dimaksud dapat dipraktikan dalam bentuk drama, film, puisi, cerita pendek, pidato yang menawan dan menarik perhatian.
  4. Membongkar stereotype, dengan berkomunikasi, persepsi keliru tentang perangai seseorang bisa berubah. Seperti persepsi awal yang didengar melalui isu atau desas-desus seseorang bisa dibuktikan setelah mencari tahu sendiri dengan langsung melakukan komunikasi dengan orang tersebut.
  5. Mempercepat informasi, memperpendek jarak serta efisiensi waktu dan mobilitas,

Dewasa ini, hampir semua orang tidak mau ketinggalan informasi, oleh karena itu orang-orang terus membawa alat komunikasi seperti handphone atau smartphone.

 

Apa Itu Komunikasi?

Banyak orang sudah melakukan komunikasi di kesehariannya, tetapi pada saat ditanya apa pengertian komunikasi malah kebingungan sendiri. Ada juga yang hanya bisa mencontohkan cara berkomunikasi, namun tidak bisa mengubahnya menjadi ke sebuah definisi komunikasi. Lalu, apa sih sebenarnya komunikasi itu?

“Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi dari sumber informasi ke penerima informasi melalui media verbal ataupun nonverbal yang menghasilkan pengaruh berupa apa yang dirasakan/dipikirkan/dilakukan oleh penerima informasi berbeda setelah menerima informasi dengan sebelum memperoleh informasi.”

Dari pengertian di atas, diperoleh unsur-unsur komunikasi, seperti adanya sumber, adanya pesan yang ditukar atau disampaikan, adanya media sebagai sarana komunikasi, adanya penerima sebagai pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim sumber, adanya pengaruh atau efek yang meliputi apa yang dirasakan, dipikirkan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima informasi, dan terakhir adalah adanya tanggapan balik.

 

Communication Skills dengan konsep 4.0 dalam Dunia Bisnis

  1. Konsep Model Digital 4.0

Era revolusi Industri 4.0 ditandai dengan keberadaan sistem fisik cyber atau sistem yang menggabungkan dunia virtual dengan dunia fisik. Dengan demikian, konektivitas antara   manusia, mesin, dan informasi menjadi semakin tidak terbatas. Kecanggihan, kecepatan dan kemudahan teknologi membuka lapangan kerja baru di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pelanggan dan pengguna internet yang loyal disajikan dengan teknologi canggih dan terkini dari Big Data, Kecerdasan  Buatan (AI), Cloud, Internet of Things (IoT), Computer Quantum, robot, percetakan 3D, Augmented  Reality, dan  Virtual  Reality (AR / VR), sampai Mixed Reality.

Selain itu, Model 4.0 juga menyuguhkan flesibilitas kepada komunikator bisnis untuk mengelola komunitas digital untuk menciptakan strategi digital berkelanjutan.

  1. Inovasi Pemasaran Produk

Terdapat beberapa lingkungan pemasaran internet yang sering digunakan oleh perusahaan  untuk memasarkan produk berbasis internet atau online, sebagai berikut:

  • Social Media (Media Sosial)

Media sosial yang beragam seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Google Plus, dan lain-lain  merupakan  pilihan  pelaku bisnis  untuk memasarkan  produk dengan memanfaatkan aspek sosial di dunia maya. Keuntungannya adalah memiliki kemudahan berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, berjejaring, dan berbagai kegiatan dari jarak jauh dengan cepat dan tetap dapat berinteraksi secara interaktif.

  • (Searh Engine) Mesin Pencari

Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan lain sebagainya adalah contoh mesin pencari yang digunakan sebagai pilihan untuk memasarkan produk, dengan akses mudah berdasarkan kata atau kalimat. Mesin pencari merupakan situs web yang  dirancang  khusus sebagai alat untuk    mengumpulkan dan mengatur  semua  konten atau konten  yang  dibutuhkan  oleh pengguna    internet. Keunggulannya adalah pengguna hanya memasukkan kata atau kalimat yang merujuk pada apa yang ingin dicari melalui mesin pencari. Setelah itu, sebuah tautan akan muncul yang berisi  lebih  banyak  informasi mengenai kata atau kalimat tersebut. Dengan demikian, hasilnya akan muncul di halaman yang menunjukkan konten yang paling  relevan dengan yang Sobat cari.

  • Pasar Marketplace

Pasar Marketplace digunakan sebagai perantara antara penjual dan  pembeli  di dunia maya. Keberadaan situs pasar ini sebagai pihak penengah (ketiga) dalam kegiatan transaksi online  dengan menyediakan tempat untuk menjual dan  membayar. Marketplace yang kerapkali digunakan, seperti Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Olx, Zilingo, dan sebagainya.

  • Toko online

Mirip dengan pasar marketplace, namun yang menjadi perbedaan adalah penjual membuat sendiri situs pasar yang secara khusus menjual produk yang dihasilkan perusahaannya saja. Toko online digunakan untuk memasarkan produk melalui toko online.  Pola pemasarannya adalah    dengan kemandirian  penjual  membuat  situs  web, mengelola media sosial, dan  membangun hubungan  pemasaran  langsung dengan pelanggan.

 

Nah, itu dia informsi terkait pentingnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tentu dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari juga loh Sobat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan komunikasi kalian ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found