Ini Dia Cara Branding Produk untuk UMKM yang Menarik dan Efektif

Sobat Buku | 2023-02-06 14:03:46 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Hingga saat ini masih ada beberapa pelaku usaha khususnya, UMKM yang berpikir bahwa branding dalam produk itu hanya diperlukan bagi mereka yang menjalankan usaha yang besar atau sudah memiliki nama. Padahal, dalam hal branding sebenarnya setiap pelaku usaha harus benar-benar memperhatikannya, terlebih bagi mereka yang baru merintis usahanya.

 

Branding sendiri memiliki definisi sebagai upaya bentuk usaha dalam menciptakan sebuah merek dagang. Dengan adanya merek dagang tersebut, sebuah usaha dapat secara tidak langsung menjelaskan visi dan misi dari produk yang dijual supaya lebih dikenal dan mudah diingat oleh publik. Dalam hal ini, ada beberapa cara branding menarik dan efektif yang sobat pajak ringkas bagi kalian para pelaku usaha UMKM, berikut di antaranya:

  • Definisikan Identitas brand Sobat dengan baik

Hal ini merupakan hal pertama yang perlu pelaku UMKM lakukan dalam memberikan branding pada usahanya. Branding produk tidak hanya lebih sekadar memberikan logo pada kemasan atau situs Sobat, tapi juga bagaimana Sobat menginterpresentasinya usaha yang ada jalankan serta harus tahu siapa yang menjadi target pasar Sobat.

 

  • Komunikasikan Value Produk

Komunikasi merupakan hal utama dalam segalanya. Dalam menjalankan usaha sangat diperlukan hubungan baik antara penjual dan pembeli. Hubungan baik itu bisa menjadi branding yang baik juga bagi produk Sobat. Sebagai contoh, dalam memberikan produk atau layanan sebisa mungkin mengkomunikasikan value pada produk tersebut seperti memberikan hashtag Instagram, tagline, hingga moto atau komitmen Sobat dalam produk tersebut.

 

  • Memberikan Selling Point yang Unik

Keunikan dalam hal ini menjadi faktor pembeda atas produk Sobat terhadap produk-produk lainnya. Dalam hal ini, pelaku usaha harus fokus pada poin yang menjadi highlight dalam produk yang dijual. Jika produk kamu memiliki 2 poin atau target, maka disarankan kedua poin atau target itu aja yang terus di fokuskan, namun pelaku usaha harus tetap melakukan brain wash atau memberikan inovasi-inovasi baru tanpa menghilangkan kedua poin tersebut.

 

  • Buat Konten Selaras Dengan Identitas Brand

Ketika membangun sebuah usaha, terlebih dalam era digital ini, pemanfaatan website hingga akun sosial media merupakan hal utama dalam memberikan branding dalam produk atau usaha Sobat. Selain menampilkan logo, produk, ataupun visi misi usaha, situs sosial ini dapat nda lakukan juga dengan beragam konten yang sesuai dengan brand Sobat dan tentunya mengikuti trend yang ada agar lebih selaras dan mudah diterima oleh orang banyak.

 

  • Melakukan B2C & B2B

Dalam menjalankan usaha, pelaku harus konsisten. Dalam melakukan branding yang menarik dan unik dapat dilakukan juga dengan ada dua cara yaitu melalui B2C (Business to Customer) dan B2B (Business to Business). Jadi maksud dari B2B ini ialah transaksi yang dilakukan antara satu bisnis dan bisnis lainnya. Sebagai contoh, melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan bisnis sejenis lainnya, agar usaha yang kamu punya bisa semakin besar dan lebih dikenal. Sedangkan, B2C merupakan transaksi antara bisnis dengan pelanggan langsung. Agar branding produk atau usaha Sobat semakin kuat, Sobat bisa membuat sebuah program yang menarik untuk menarik pelanggan agar tetap setia dengan produk yang dijual. Sebagai contoh, memberikan diskon atau harga produk dalam paket penjualan yang unik.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found