Bisnis Sobat Sudah Digital? Tahu Hal Ini Tidak?

Sobat Buku | 2023-01-08 15:46:28 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dengan era digital saat ini, menimbulkan dampak yang besar pada dinamika kehidupan, seperti dinamika kehidupan dunia usaha atau bisnis. Hal ini tak dapat dipungkiri mengingat era tersebut memberikan peluang usaha menjadi lebih mudah dan cepat. Bahkan tanpa modal besar dan kepemilikan tempat pun, orang bisa menjalankan usaha dengan teknologi digital, baik melalui facebook, instagram, website maupun media sosial lainnya. Pasar digital bahkan terbentuk dengan lebih mudah. Hal ini ditambah dengan adanya perubahan perilaku konsumen yang cenderung lebih senang belanja secara online karena dirasa lebih praktis dan cepat. 

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk berbelanja online, yaitu:

  1. Kenyamanan

Faktor kenyamanan, ini penting terutama bagi masyarakat yang menghindari keramaian yang berdesak-desakan apabila berbelanja di toko, apabila saat ada diskon dan di hari-hari libur. Masyarakat memilih berbelanja online juga untuk menghindari interaksi tatap muka yang terkadang menimbulkan ketidaknyamanan ketika sedang berbelanja.

  1. Kelengkapan Informasi

Internet membuat akses terhadap informasi lebih mudah dan praktis. Beberapa platform juga menyediakan fitur yang berguna untuk mengetahui ulasan serta kualitas produk dari orang yang sudah membeli terlebih dahulu. 

  1. Ketersediaan Produk dan Jasa

Untuk mengetahui barang atau jasa apa saja yang dijual, pembeli hanya perlu mengakses website dan mencari barang yang hendak dibeli, tanpa harus pergi ke toko terlebih dahulu. Hal ini juga membantu calon pembeli yang berlokasi jauh dengan toko karena tidak perlu berkunjung namun tetap dapat membeli barang secara online.

  1. Efisiensi Biaya dan Waktu

Perbandingan harga juga terkadang menjadi fitur yang ditawarkan oleh beberapa website yang membandingkan harga barang/jasa yang dijualnya dengan harga pada toko lain. Berbelanja secara online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, hal ini sangat mengefisienkan waktu pembeli yang butuh barang/jasa dengan cepat.



Wirausaha Digital 

Wirausaha digital merupakan metode yang memanfaatkan antara teknologi dan informasi dalam dunia bisnis. Untuk bisa menjadi seorang wirausaha digital, dibutuhkan beberapa prinsip dasar seperti minat, visi jangka panjang, kepemimpinan, jaringan atau relasi. Berikut penjelasannya: 

  1. Minat

Prinsip pertama yang harus dimiliki seorang wirausaha digital adalah minat atau ketertarikan yang besar dalam menjalankan sebuah bisnis. Rasa ketertarikan yang besar untuk menjalankan bisnis akan memotivasi untuk terus maju dan mencapai tujuan yang ingin dicapai dan memacu untuk melakukan yang terbaik dalam setiap usaha. Tanpa minat yang cukup kuat, bisnis yang dijalani memiliki risiko besar untuk berhenti ditengah jalan ketika menghadapi banyak kendala.

  1. Visi dan Misi Jangka Panjang

Dalam dunia bisnis, memiliki visi jangka panjang akan membantu seorang wirausaha digital dalam menentukan langkah apa yang harus diambil. Visi jangka panjang merupakan bagian dalam strategi perusahaan.

  1. Kepemimpinan

Selain memiliki prinsip visi dan misi jangka panjang, wirausaha digital juga haruslah memiliki kemampuan kepemimpinan, minimal memimpin diri sendiri. Kemampuan dalam memimpin akan semakin diperlukan seorang wirausahawan ketika tidak lagi bekerja sendiri, tetapi dengan orang lain atau tim. Jiwa kepemimpinan yang dimiliki akan membantu pelaku wirausaha digital dalam menjaga semangat, kepercayaan, serta kerja sama tim dalam mencapai apa yang menjadi tujuan bersama.

  1. Jaringan atau Relasi

Selama membangun usaha, perluasan jaringan adalah prinsip yang sangat penting. Dari relasi yang dibangun, pelaku wirausaha dapat memanfaatkan jaringan yang dimiliki untuk mendapatkan mitra kerja andal dalam mengembangkan bisnis, terlebih ketika bisnis mengalami kendala.

 

Wirausaha digital adalah salah satu trend dalam bisnis yang mulai digeluti oleh Sebagian besar pebisnis di dunia. Hal ini bukan dilakukan dengan tanpa tujuan, melainkan dilakukan karena dirasa memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan, memperluas skala pemasaran produk/jasa, meningkatkan penjualan dan keuntungan serta promosi yang mudah dan praktis.

 

Bagaimana Sobat, sudah siapkah menjadi seorang wirausahawan digital?

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found