Berhasil Jadi Duta Seblak, Ini Perjalanan Rafael Tan Dalam Berusaha

Sobat Buku | 2023-25-07 16:30:58 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat pasti pernah mendengar salah satu lagu dari boyband tanah air SMASH? Sayang sekali ketenaran boyband satu ini tidak bertahan lama, terlihat dari grup nya yang sudah tidak aktif lagi dan anggota-anggota nya yang terlihat memiliki kesibukan nya sendiri-sendiri. Begitu juga dengan salah satu personil dari boyband ini, Rafael Tan yang saat ini viral karena konten nya di sosial media. Rafael popular karena konten makan seblak nya yang berhasil ditonton oleh jutaan orang di sosial media. Bahkan saat ini, rafael mendapatkan julukan sebagai Duta Seblak oleh para netizen.  

Pada salah satu konten podcast, Rafael menyebutkan bahwa dirinya sempat menjalankan usaha bakso aci sebelumnya. Sempat tidak memiliki pekerjaan sama sekali, sehingga Rafael pada saat ini menjalankan usaha bakso aci sendiri tanpa bantuan tim. Dimulai dari membuat adonan, meracik bumbu, menjadi admin hingga mengurus pengiriman, semua Rafael kerjakan sendiri.  

Dibalik viral nya seblak ala rafael, ternyata semua itu berasal dari keisengan Rafael. Bermula dari ide untuk menjajal seblak racikan nya sendiri dan keisengan nya mengunggah konten makan seblak ke sosial media. Diluar ekspetasi, konten tersebut berujung menjadi viral dan banyak digemari oleh audiens. Melihat peluang, Rafael kini membuka bisnis seblak ala Rafael yang cukup berkembang dengan nama, Seblak Mamang Rafael. 

Konten seblak nya berhasil memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha UMKM yang menjual bahan-bahan untuk membuat seblak dalam mendongkrak penjualan, seperti penjual kerupuk dan bumbu dapur. Yang awalnya, para penjual kerupuk mengalami kesulitan dalam menjual kerupuk. Akan tetapi, berkat dari konten viral Rafael tersebut, para penjual justru kewalahan akan permintaan dari pasar-pasar.  

 

Tips Menjalankan Bisnis Kuliner yang Menjanjikan 

Nah, jika Sobat juga tertarik untuk menjalankan usaha di bidang kuliner seperti Rafael saat ini. Sobat bisa mencoba beberapa tips berikut ini.  

 

1. Ketahui keunikan produk Sobat 

Siapa tahu jika ide bisnis kuliner Sobat memiliki peluang yang menjanjikan? Mungkin ide menjual minuman kekinian? Cemilan ringan? Atau makanan-makanan berat seperti nasi goreng, soto, dan masih banyak lagi. Apapun ide itu, jangan berhenti pada ide saja!   

Carilah keunikan dari produk atau biasa disebut dengan unique selling poin (USP) yang ingin Sobat jual. Sebab tanpa adanya sisi unik produk, bisnis Sobat akan jauh lebih mudah tersaingi ditengah gencaran sengitnya kompetitor. Keunikan produk juga akan menjadi poin penting untuk menarik konsumen membeli dan mencoba produk Sobat.  

Untuk bisa mengetahui keunikan dari produk, Sobat bisa mencoba beberapa langkah. Pertama jabarkan terlebih dahulu semua fitur dan kelebihan produk yang Sobat jual. Lalu, tentukan kelebihan produk Sobat yang bisa menjawab kebutuhan setiap pelanggan. Setelah itu, Sobat bisa menentukan hal-hal pada produk Sobat yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Nah, dengan begitu diharapkan Sobat bisa menemukan keunikan pada produk Sobat sendiri. 

 

2. Lokasi Usaha 

Dalam berbisnis kuliner, lokasi menjadi salah satu aspek penting. Apalagi, jika Sobat berencana membuka restoran, warung, atau kafe. Maka, lokasi menjadi hal utama yang harus dipikirkan matang-matang. Untuk menentukan lokasi yang tepat tentunya diperlukan riset yang mendalam dan pengetahuan mengenai suatu daerah. Akan tetapi ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Sobat dalam menentukan lokasi usaha. Pertama, Sobat bisa memilih tempat yang mudah untuk di jangkau dan mudah dilihat atau ditemukan orang-orang. Dengan modal tempat yang ‘kelihatan’ oleh banyak orang-orang, Sobat dapat mendapatkan promosi secara cuma-cuma. Tentunya Sobat juga masih harus mempertimbangkan faktor lainnya, seperti lingkungan sekitar, fasilitas yang disediakan, ukuran tempat, dan yang lainnya. 

 

3. Promosi Sosial Media 

Ada begitu banyak channel marketing yang bisa dipakai saat ini. Namun, hingga saat ini belum ada yang bisa mengalahkan sosial media marketing. Sama hal nya dengan yang terjadi pada Rafael Tan, yang bermula dari ke isengan membuat konten makan seblak, hingga saat ini berhasil membuat bisnis seblak nya sendiri. Peluang yang ada pada media sosial sangatlah luas, sehingga bisa sekali Sobat mendapatkan banyak konsumen dari berbagai wilayah melalui sosial media.  

Ada beberapa tips yang bisa Sobat coba untuk mengurus promosi melalui sosial media. Sobat bisa terlebih dahulu menentukan tujuan dari promosi Sobat pada sosial media. Apakah untuk meningkatkan penjualan? Untuk menaikan engagement atau brand awareness? Setelah itu, Sobat bisa lanjut merencanakan konten dan menjadwalkan konten tersebut agar lebih teratur dan terdokumentasi dengan baik. Sobat bisa mencoba untuk menggunakan Instagram Ads ataupun Facebook Ads untuk menambah eksposur usaha Sobat terutama pada tahap-tahap awal.  

 

4. Gunakan aplikasi kasir untuk pembukuan 

Untuk mempermudah menjalankan bisnis, Sobat bisa menggunakan tools yang dapat membantu dalam mengelola bisnis Sobat, seperti aplikasi kasir/point of sales (POS). Usaha kuliner merupakan usaha yang sangat dinamis, dimana hampir setiap hari Sobat harus membeli bahan baku, meracik produk yang dijual hinggga memastikan kualitas produk konsisten. Dengan begitu banyak nya hal yang harus disiapkan, tentunya Sobat juga memerlukan bantuan untuk memastikan bisnis berjalan dengan baik. Dengan menggunakan aplikasi kasir, Sobat bisa fokus kepada hal-hal lainnya. Selain itu, pelayanan, pencatatan arus uang dan pembukuan juga jauh lebih efisien. Sobat bisa menggunakan dua aplikasi kami, yaitu Sobat Buku dan Sobat POS. Dimana Sobat Buku dan Sobat POS saling terintegrasi sehingga Sobat bisa mencatat transaksi penjualan dengan pembeli melalui Sobat POS yang nantinya transaksi tersebut akan secara otomatis tercatat pada pembukuan di Sobat Buku.  

 

Nah, jadi itulah yang bisa Sobat coba untuk mengelola bisnis kuliner dengan efektif. Tentunya masih banyak lagi tips-tips yang bisa membantu. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat-sobat sekalian ya!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found