Menjadi yang Terbesar di Asia, Beginilah Strategi Uniqlo Dalam Menjalankan Bisnis

Sobat Buku | 2023-29-08 16:18:46 | 6 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Siapa yang tidak tahu brand pakaian satu ini? Mungkin Sobat sering melihat nya diberbagai mall atau pusat perbelanjaan. Uniqlo, brand fashion asal Jepang satu ini telah berhasil merajai market khususnya di Asia. Kira – kira bagaimana ya strategi nya?  

Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu bahwa Uniqlo telah mengalami perkembangan yang sangat pesat di bidang fast retailing sejak berdirinya Uniqlo pada tahun 1984 di Hiroshima, Jepang. Saat ini, Uniqlo telah memiliki 1.700 lebih toko di berbagai negara di seluruh belahan dunia. Seperti Jepang, Australia, Belgia, Tiongkok, Prancis, Jerman, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Indonesia dan masih banyak lagi. Diketahui juga kini Uniqlo telah mempunyai lebih dari 400 outlet yang tersebar di Asia-Oceania termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Uniqlo telah bersaing dengan brandbrand kelas dunia lainnya seperti Zara dan H&M.  

Kira – kira bagaimana ya strategi bisnis nya hingga berhasil sebesar sekarang?  

 

Strategi Uniqlo Dalam Bersaing di Pasaran 

  • Produk bajunya dibuat dengan teknologi canggih 

Jika biasanya brand fashion akan berfokus pada model pakaian nya saja. Akan tetapi, berbeda dengan Uniqlo. Tidak hanya sebatas memikirkan penampilan saja, Uniqlo juga menerapkan teknologi – teknologi canggih dalam setiap prosesnya.  

Salah satu yang paling dikenali adalah teknologi heattech, yaitu teknologi yang bisa mengikat suhu panas dari tubuh sehingga Sobat tidak akan merasa kedinginan jika menggunakan baju tersebut bahkan di tempat dengan udara yang dingin sekalipun. Selain heattech, Uniqlo juga terkenal dengan teknologi AIRism Line nya yang memungkinkan kulit untuk bisa bernapas dan menyerap kelembaban. Bisa dikatakan Sobat tidak akan merasa kepanasan jika menggunakan pakaian dengan teknologi satu ini.  

  • Target Konsumen yang Luas 

Uniqlo membuat produk yang ditujukan untuk semua pangsa pasar dengan membuat berbagai desain – desain pakaian yang netral. Jika Sobat lihat baju – baju yang dijual oleh Uniqlo, pasti Sobat sadar akan style nya yang casual dengan model universal dan motif – motif polos. Dengan begitu, produk pakaian Uniqlo bisa digunakan untuk formal maupun informal. Tidak hanya itu, Uniqlo juga memberikan berbagai variasi ukuran dari ukuran kecil hingga besar bahkan sampai 3XL.  

  • Melihat Peluang Dengan Jeli 

Uniqlo cenderung fokus kepada produk – produk yang tidak terlalu dilirik oleh kompetitor lainnya. Itulah cara nya Uniqlo berhasil menarik lebih banyak pembeli. Tidak hanya berfokus kepada pakaian – pakaian seperti outer, celana, kemeja, kaos, jaket, dan sebagainya, tapi Uniqlo juga menaruh perhatian penuh ke produk – produk lain nya, seperti kaus kaki hingga pakaian dalam.  

  • Kualitas yang Tahan Lama 

Uniqlo sendiri menjamin produk – produk nya tahan lama dan memiliki kualitas yang terjamin. Hal ini muncul karena permasalahan serta keresahan yang timbul diantara generasi milenial dan generasi Z yang selama ini selalu diribetkan dengan urusan lemari pakaian. Sehingga seringkali pakaian di lemari yang menumpuk, walaupun sudah tidak digunakan sama sekali. Maka itu, dengan kualitas yang bagus dan desain yang timeless, produk Uniqlo bisa menjadi jawaban untuk permasalahan tersebut.  

 

Strategi Bisnis Era Digital 

Dari Uniqlo, Sobat bisa mempelajari berbagai strategi bisnis yang bisa diterapkan dalam bisnis Sobat. Berikut diantaranya:  

  • Gunakan Kecanggihan Teknologi 

Melek teknologi di era digital seperti sekarang ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis lho. Dengan menggunakan teknologi yang tersedia bisa membuat bisnis yang Sobat jalankan jauh lebih lancar. Didorong dengan banyaknya kompetitor yang bermunculan sehingga teknologi dapat membantu Sobat dalam bersaing dan menjalankan bisnis khususnya di era digital seperti sekarang ini.  

  • Sosial Media 

Sosial media seperti Instagram, facebook hingga twitter menjadi alat yang paling krusial dalam membuat dan membangun sebuah bisnis. Sosial media menjadi wadah untuk berpromosi hingga mengenalkan produk kepada konsumen dan akan tersampaikan secara langung pula. Sosial media juga memudahkan Sobat dalam berinteraksi langsung dengan calon pelanggan ataupun pelanggan tetap.  

  • Memanfaatkan Aplikasi 

Selain sosial media, saat ini juga sudah banyak aplikasi – aplikasi yang dapat membantu dalam mempermudah menjalankan bisnis. Maka itu, Sobat harus bisa menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut untuk memperluas bisnis Sobat. Dengan begitu, calon pembeli akan jauh lebih mudah dalam mendapatkan produk yang Sobat jual.  

 

Itulah beberapa strategi bisnis Uniqlo yang mungkin bisa menginspirasi Sobat untuk terus mengembangkan bisnis Sobat saat ini. Semoga bisa membantu Sobat – sobat sekalian ya!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found