Pentingnya Mengikuti Tren dan Beradaptasi Dalam Berbisnis

Sobat Buku | 2023-08-09 17:51:59 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Mengelola suatu bisnis bukanlah sesuatu hal yang mudah. Banyak sekali hal-hal yang perlu dipikirkan, diperhatikan, dan dikelola dengan baik. Tentunya, suatu bisnis bisa dikatakan berhasil ketika mengalami perkembangan. Sedangkan, tren yang terjadi selalu mengalami perubahan sehingga sebagai pelaku usaha harus bisa menyesuaikan perkembangan yang ada. Untuk bisa melakukan inovasi dan terus berkembang untuk memberikan yang terbaik, maka pelaku usaha harus bisa terus mengikuti tren dan beradaptasi dengan baik.  

 

Kegagalan Nokia 

Saat ini, jika Sobat ingin membeli barang-barang elektronik seperti handphone pasti brand yang akan muncul di benak Sobat adalah Samsung, Apple, dan lain-lain. Agak jarang orang-orang menyebutkan brand Nokia. Padahal dulu, Nokia menjadi top of mind Masyarakat akan produk-produk elektronik. Sayangnya saat ini keberadaan Nokia redup diantara kompetitor-kompetitor lainnya. Faktor utama yang menjadi penyebab redup nya Nokia adalah gagal nya Nokia dalam beradaptasi dengan tren yang ada. Dilansir dari koinworks, Nokia gagal untuk melakukan inovasi dan terlalu lama diam, dan ketika masa modern telah mengubah segala hal, Nokia baru menyadari hal tersebut.   

Nokia tidak mau mengikuti tren yang ada pada saat itu, Nokia selalu merasa puas dengan apa yang sudah mereka jalankan dan capai saat itu sehingga menganggap tren dan inovasi merupakan hal yang tidak penting. Nyatanya hal tersebut justru membawa pengaruh buruk kepada Nokia. Dengan teknologi yang terus berkembang, Nokia terlalu percaya diri merasa orang-orang masih akan terus berbondong-bondong membeli ponsel buatan Nokia dengan model yang tidak berkembang. Itulah yang menyebabkan nama Nokia terus tertutupi dengan brand-brand lain yang jauh lebih berkembang dan modern.  

 

Lakukan Trend Analysis 

Trend analysis merupakan sebuah analisis untuk melihat hasil yang konsisten atau tren dengan membandingkan data bisnis dari waktu ke waktu. Jadi, Sobat bisa mengembangkan strategi yang cocok untuk bisnis Sobat dengan tren yang sesuai dengan tujuan bisnis. Hal ini penting dilakukan karena sebuah bisnis harus bisa mengidentifikasi tren yang ada di masyarakat saat ini untuk menyesuaikan diri supaya dapat bersaing di pasar. 

Dengan melakukan trend analysis, Sobat bisa mengetahui tren-tren yang tengah terjadi di masyarakat, lalu Sobat bisa melakukan perbandingan akan performa bisnis dengan beberapa kompetitor dengan kurun waktu tertentu, Sobat juga bisa menggunakannya untuk mengukur seberapa bagus performa bisnis sehingga Sobat bisa mengukur kekuatan maupun kelemahan akan bisnis Sobat jika dibandingkan dengan kompetitor sehingga bisa membuat perubahan yang diperlukan untuk terus bersaing. Trend Analysis juga bisa membantu Sobat mengukur dan membandingkan performa finansial bisnis dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu Sobat bisa membuat keputusan di masa depan dan mengambil langkah yang diperlukan.  

Dikutip dari glints.com, salah satu subjek analisis dari trend analysis adalah revenue dan cost. Hal ini bertujuan agar Sobat bisa mengetahui strategi apa saja yang perlu diubah dalam bisnis Sobat. Misal, Sobat mengukur adanya tren kenaikan harga barang baku sehingga dapat diprediksi bahwa harga produk akan bisa meningkat di masa depan. Dengan begitu, Sobat bisa mempertimbangkan berbagai strategi untuk kedepannya. 

 

Maka itu, dengan beradaptasi dengan tren yang ada, Sobat bisa menghadirkan keuntungan bagi bisnis Sobat.  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

 

Article is not found
Article is not found